Heboh, Kampanye AyoSelingkuh dan KaDRTe Ajak Gen Z dan Milenial

Ilustrasi remaja.
Sumber :
  • Pixabay/ PublicDomainArchive

VIVA Lifestyle – Belakangan, isu mengenai perselingkuhan dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), memang ramai berhembus. Tak hanya sekadar isu, sayangnya perbuatan yang bisa menimbulkan dampak negatif itu benar-benar dialami oleh beberapa orang, bahkan publik figur. 

Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan

Ramainya tagar tersebut pun dimanfaatkan oleh sejumlah pihak untuk mengusung kampanye yang sama. Namun, bukan berkonotasi negatif, kampanye yang diusung justru diharapkan dapat menimbulkan dampak positif bagi lingkungan. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Kampanye tersebut adalah #AyoSelingkuh dan #KaDRTe. Di mana #AyoSelingkuh sendiri merupakan singkatan dari Ayo SELamatkan LINGKUngan Hidup, sedangkan #KaDRTe singkatan dari KArya lokal Daur ulang Ramah lingkungan serta harga TErjangkau.

Gak Nyangka, Ternyata Gen Z Punya Karakter Mulia Ini

Ilustrasi ramah lingkungan.

Photo :
  • Pixabay/Geralt

Kampanye tersebut bertujuan untuk mengajak generasi Z atau gen Z dan milenial untuk mulai memerhatikan lingkungan. Seperti diketahui, limbah fashion telah menjadi penyumbang sampah terbanyak di Indonesia. 

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

Melansir dari laman Zero Waste Indonesia, setidaknya produksi sampah kain tekstil cukup tinggi di Indonesia, karena per tahun pabrik tekstil bisa produksi 33 juta ton dan itu menghasilkan satu juta ton limbah tekstil yang terbuang di lingkungan.

Dalam kampanye yang diusung oleh Outdoor Adventure ini, mereka menggandeng komunitas Kalangsari Pride yang merupakan kumpulan anak muda peduli dengan lingkungan. Kalangsari Pride dan Outdoor berkolaborasi untuk mengeluarkan produk sandal ramah lingkungan dari bahan daur ulang dengan gaya kekinian. 

"Kami sangat antusias berkolaborasi dengan Kalangsari Pride sebagai wujud komitmen kami dalam berkontribusi untuk membuat lingkungan lebih baik. Kami menggunakan material fashion yang bisa didaur ulang dalam koleksi ini,” jelas Budi Saputra, PT Mitra Alas Selaras, dalam keterangannya, Senin 27 Februari 2023. 

Karya yang diluncurkan pun di antaranya ada Coloseum RS (recycle sole) yang gayanya disesuaikan dengan anak muda Indonesia. Coleseoum RS ini memiliki beberapa pilihan warna di antaranya black, black/green, dan Olive. 

“Lewat sentuhan karya desainer anak muda bangsa, ini menambah nilai tambah dari produk Coleseum RS sehingga estetika sesuai dengan napas dan keinginan anak muda saat ini," kata dia.

Selain itu, Budi mengatakan, melalui hashtag #ayoselingkuh akan menyalurkan sebagian omzet penjualannya untuk disalurkan kepada komunitas KalangsariPride, dalam rangka membantu komunitas dalam menggerakan kepedulian lingkungan yang lebih besar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya