Ardhito Pramono Ngamuk di Bar Usai Mabuk, Ini Alasan Alkohol Haram di Islam

Ardhito Pramono.
Sumber :
  • Instagram @ardhitopramono

VIVA Lifestyle – Musisi Ardhito Pramono menghebohkan media sosial ketika terlihat ngamuk usai mabuk di salah satu kafe di Kota Malang, Loteng Teppanyaki Bar. Bahkan, Ardhito Pramono tak segan mengacungkan jari tengah dan melempar gelas gegara dalam kondisi mabuk usai minum alkohol.

Khazanah: Karya Monumental Muhammad bin Musa al-Khwarizmi di Dunia Matematika

Pemain Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini itu kedapatan mabuk gegara mengonsumsi alkohol. Sebenarnya, mengonsumsi alkohol dalam Islam pun diharamkan. Dikutip laman Islamqa, tidak diragukan lagi alkohol memabukkan, dan mengandung zat ini yang membuat orang kehilangan akal. Scroll untuk info selengkapnya.

Dikatakan dalam hadits, “Setiap yang memabukkan adalah khamr, dan setiap khamr adalah haram (dilarang).”

Ilmuwan Berikan Saran Manusia agar Makan Daging Ular Piton, Alasannya Mengejutkan

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com
 
Top Trending: Sosok Kapolda Papua Putuskan Masuk Islam hingga Hukum Pria Sholat Tanpa Penutup Kepala

Jika demikian, maka alkohol dianggap haram dan masuk dalam kategori “khamr” (anggur, dan lain-lain) yang diminum orang untuk bersantai atau bersenang-senang. Ada sejumlah alasan alkohol diharamkan dalam Islam.

Pertama, Allah telah melarang alkohol dan menyatakan bahwa itu adalah dosa, sebagaimana Allah SWT berfirman (penafsiran artinya):

“Mereka bertanya kepadamu (hai Muhammad) tentang minuman keras dan judi. Katakanlah: 'Pada mereka ada dosa besar, dan (sebagian) manfaat bagi manusia, tetapi dosa mereka lebih besar dari manfaatnya'” [al-Baqarah 2:219]

Jika ada dosa dan itu besar, maka itu dilarang. 

Kedua, Tidak diragukan lagi alkohol ini berbahaya bagi pikiran dan tubuh, dan Allah telah melarang segala sesuatu yang membahayakan tubuh dan pikiran, dan melemahkan kekuatan. Segala sesuatu yang merugikan seseorang tidak diperbolehkan, karena Allah berfirman (tafsir artinya):

“Dan janganlah kamu membunuh dirimu” [an-Nisaa' 4:29]

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

“Dan janganlah kamu menceburkan diri ke dalam kebinasaan” [al-Baqarah 2:195]

Ketiga, karena ini adalah pemborosan uang yang berlebihan, tindakan pemborosan yang termasuk dalam firman Allah (penafsiran artinya):

“Sesungguhnya orang yang boros adalah saudara setan. [al-Isra 17:27]

Sebelumnya, viral di media sosial Ardhito kembali membuat keributan saat dirinya request lagu namun ditolak oleh DJ (Disc Jockey) yang ada di kafe itu. Tidak terima, Ardhito langsung mendatangi DJ dengan memberikan umpatan. Keduanya sempat terlibat pertikaian dan saling mengacungkan jari tengah. Tidak hanya itu, Ardhito juga melempar gelas ke arah DJ dan beruntungnya tidak mengenai DJ atau tamu lain.

Dalam keterangan pers yang beredar, Ardhito Pramono mengaku menyadari telah berbuat hal kurang menyenangkan. Hal itu lantas membuatnya segera meminta maaf dengan mengakui kesalahannya.

"Saya mengakui kesalahan yang saya perbuat. Saya menyadari jika seharusnya saya tidak melakukan tindakan yang sangat merugikan untuk beberapa pihak," kata Ardhito Pramono, dikutip Rabu 22 Maret 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya