Kisah Hamanis Anak Kembar Tiga Jadi Penghafal Al-Quran

Hamanis (Hannan-Mannan-Ihsan), tiga anak kembar penghafalal Al-Quran
Sumber :
  • Instagram @hannan_jm

VIVA Lifestyle – Baru-baru ini viral hafiz penghafal Al-Quran kembar tiga yang menjadi inspirasi bagi banyak orang. Ketiga anak kembar tersebut bernama bernama Abdul Hannan Jamaluddin, Abdul Mannan Jamaluddin dan Abdul Ihsan Jamaluddin. 

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Ketiganya memiliki sebutan nama Hamanis yang terdiri dari gabungan nama mereka masing-masing (Hannan-Mannan-Ihsan). Sebagai kembar tiga, mereka lahir hanya beda jeda waktu satu menit saja. Urutannya yakni Hannan sebagai anak pertama, Mannan anak kedua dan Ihsan anak ketiga. 

Hamanis (Hannan-Mannan-Ihsan), tiga anak kembar penghafalal Al-Quran

Photo :
  • YouTube
Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Hamanis mulai menghafal Al-Quran sejak mereka lulus dari bangku Sekolah Dasar (SD) dan masuk pesantren. Dalam menghafal Al-Quran, ketiganya menggunakan metode mengulang satu ayat sebanyak 40 hingga 60 kali.

Hal itu diketahui saat pria kembar tiga tersebut diundang menjadi bintang tamu di salah satu acara televisi swasta yang dipandu oleh Ruben Onsu, Ivan Gunawan, Ayu Ting Ting dan Wendi Cagur. 

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

“Dulu kita menghafal Quran metodenya satu ayat diulang-ulang 40 sampai 60 kali dalam satu waktu sekali duduk,” kata Ihsan menjelaskan yang dikutip VIVA pada Rabu, 5 April 2023. 

“Misalkan target menghafal satu halaman satu ayatnya tuh diulang-ulang 40 sampai 60 kali. Jadi, kalo belum 40, belum 60 kali diulang-ulang kita gak lanjut ayat selanjutnya,” sambungnya. 

“Dibaca huruf demi huruf diperhatiin,” kata Mannan menambahkan.

Hamanis (Hannan-Mannan-Ihsan), tiga anak kembar penghafalal Al-Quran

Photo :
  • Instagram @hannan_jm

Diakui ketiganya bahwa keinginan mereka sejak kecil sebenarnya ingin menjadi pemain bola. Namun, setelah memikirkan ulang dan ayah yang juga merupakan seorang ustaz, akhirnya Hamanis memutuskan untuk masuk pesantren dan menjadi penghafal Al-Quran. 

“Kalo dari kecil orang tua emang udah sering mendidik gitu buat ngaji ngafal Quran cuman lucunya pas kita kecil tuh gak pengen jadi penghafal al-Quran, pengennya jadi pemain bola,” cerita Hannan. 

Keputusan ketiga anak kembar tersebut untuk menimba ilmu agama di pesantren dan menghafal Al-Quran juga bertujuan untuk memuliakan orang tuanya di surga nanti. Hal itu diungkapka oleh Mannan yang mewakilkan kedua saudara kembarnya yang lain. 

“Ingin memuliakan orang tua nanti di surga,” ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya