Kemenag Imbau Umat Muslim Salat Ghaib Buat Korban Konflik Palestina

Dua jurnalis Palestina tewas dalam serangan brutal Israel di wilayah Gaza
Sumber :
  • AP Photo/Fatima Shbair, File

JAKARTA – Ratusan jiwa meninggal dunia akibat konflik Israel-Palestina di jalur Gaza dan Tepi Barat. Terkait itu, Kementerian Agama mengimbau umat Islam untuk melaksanakan salat Ghaib sebagai bentuk kepedulian.

KUH Jeddah Gelar Bimtek 644 Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi Layani Jemaah Haji

Imbauan tersebut disampaikan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib di Jakarta. Scroll untuk informasi selengkapnya.

“Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban meninggal dunia pada kejadian konflik kemanusiaan di Palestina, kami mengimbau umat Islam di seluruh Indonesia untuk melaksanakan salat Ghaib dan qunut nazilah,” ujar Adib dalam keterangannya, dikutip Sabtu 14 Oktober 2023. 

Universitas Oxford hingga Cambridge Bergabung dalam Aksi Pro-Palestina

Hingga Rabu, 11 Oktober 2023, diketahui korban tewas akibat konflik mencapai 2.327 orang. Kementerian Kesehatan Palestina mencatat setidaknya 1.100 orang tewas dan 5.339 lainnya terluka.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

Diketahui, selain korban jiwa, warga Palestina di jalur Gaza juga mengalami kerugian materi yaitu pemutusan pasokan air, bahan bakar, listrik, dan makanan.

Selain keterbatasan logistik, kondisi warga Gaza juga semakin diperparah dengan langkanya pasokan gas untuk memasak. Tidak ada lagi bangunan yang utuh, yang tertinggal hanyalah puing-puing. 

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri RI mengungkap sebanyak 129 WNI masih berada di Palestina, mereka memilih untuk tidak dievakuasi. 

Menurut Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Judha Nugraha, ratusan WNI yang tidak mau dievakuasi adalah warga Indonesia yang menikah dengan warga setempat atau yang telah memiliki pekerjaan tetap di Tepi Barat, Tel Aviv, dan Yerusalem.

Warga Palestina mengevakuasi korban serangan udara Israel di Rafah, Gaza

Photo :
  • AP Photo/Hatem Ali
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya