Denpasar Youth Festival, Membuka Ruang untuk Kreativitas Generasi Muda

Denpasar Youth Festival (D'Youth Fest)
Sumber :
  • ist

DENPASAR – Denpasar Youth Festival (D'Youth Fest) 3.0 dibuka secara resmi oleh Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, dalam sebuah acara yang digelar di Lapangan Lumintang Denpasar pada Jumat malam, 20 Oktober 2023. Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, yang turut menandai dimulainya festival tersebut dengan menyalakan flare.

Lagi, Bank Mandiri Raih Peringkat Satu Bank Pelat Merah Terbaik Versi Forbes

D'Youth Fest 3.0 menjadi sebuah wadah yang penting bagi anak muda Denpasar, bertujuan untuk mendukung kreativitas dan inovasi generasi muda. Scroll lebih lanjut ya.

"Festival ini mengundang 35 UMKM dan target saya sebanyak 1,2 juta tiket terjual selama 2 hari. Tiket ini pun berupa voucher makan, jadi tiket ini nantinya bisa ditukarkan dengan produk UMKM yang ada. Pembelian tiket masuk ini juga bertujuan menjamin produk UMKM laku terjual. Jadi festival ini selain menjadi wadah berkumpulkan berbagai komunitas generasi muda, manfaat lainnya adalah menjadi roda penggerak ekonomi karena perputaran transaksi jual beli selama acara pasti sangat tinggi. Dengan demikian UMKM kita akan semakin sejahtera," kata I Gusti Ngurah Jaya Negara.

Jonathan Kuo, Pianis Muda Indonesia yang Kembali Memukau di Panggung Musik Klasik

D'Youth Fest 3.0 menampilkan serangkaian acara yang beragam, termasuk pameran UMKM, lokakarya komunitas, perlombaan, festival film, konser musik, permainan rakyat, dan hiburan lainnya. Acara ini berlangsung dari tanggal 20 hingga 21 Oktober 2023 dengan tema Creativity in Diversity, yang mencerminkan keberagaman kreativitas yang berkembang di Kota Denpasar.

Ramai Kabar Artis Cerai, Supri FX Justru Buat Lagu untuk Istrinya

Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara berbicara tentang visinya, "Saya memiliki visi Denpasar menjadi kota kreatif yang berbasis budaya, jadi tentu saja saya sangat mendorong tumbuhnya kreativitas terutama di generasi muda. Denpasar Youth Festival memang diciptakan sebagai wadah inovasi dan ide kreatif dari anak muda dari berbagai komunitas di Denpasar."

Pada hari pertama festival, pengunjung dapat menikmati penampilan berbagai grup musik seperti Band XXX and WYP Art and Foundation, Aruma x Meiska, Leyonk Sinatra, White Swan, Rebellion Rose, dan Barong Boys di Panggung Utama. Di Mini Stage, ada penampilan dari De Bansos, Revival, hingga Pherona. Sebelum acara dimulai, Walikota Jaya Negara juga memberikan 8 unit motor listrik kepada Wajib Pajak (WP) yang patuh membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tanpa tunggakan.

Pelaku UMKM. (Ilustrasi)

Photo :
  • Dok. Istimewa

"D’Youth Fest memberikan ruang kreatifitas generasi muda untuk menciptakan aksi, memberikan reaksi, dan menghasilkan kreasi dalam pengembangan potensi. D'Youth Fest ini merupakan puncak apresiasi terhadap beragam pengembangan kreatifitas dan inovasi anak muda. Hal ini juga mendukung keberadaan Dharma Negara Alaya (DNA) dan pengembangan Plaza Suci sebagai creative hub Denpasar," ujar Jaya Negara.

D'Youth Fest 3.0 diselenggarakan di empat lokasi berbeda, yaitu Lapangan Lumintang, Taman Kota Utara, Taman Kota Selatan, dan Gedung Dharma Negara Alaya (DNA). Pemilihan empat zonasi ini dikemas menjadi tujuh titik pemanggungan dengan berbagai panggung seperti Main Stage, Mini Stage, Youth Land, dan Community Side di Lapangan Lumintang.

Taman Kota bagian utara diperuntukkan sebagai panggung Makin Dekat Film Festival, sedangkan Taman Kota bagian selatan menjadi panggung teater. Youthland Park yang terletak di Taman Kota menjadi area ESI Denpasar, dan Gedung Dharma Negara Alaya menjadi Community Area.

Walikota Jaya Negara menegaskan, "Kegiatan yang digelar serangkaian dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ini menjadi momentum kolaborasi yang apik sesuai dengan visi misi Pemerintah Kota Denpasar, yakni Denpasar Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju. Saya berharap acara ini menjadi salah satu peluang anak muda berkreatifitas dan momentum yang baik untuk kebangkitan kreatifitas serta ekonomi."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya