5 Negara dengan Populasi Muslim Terbanyak di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Sholat Tarawih 2011
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA – Semua manusia yang diciptakan oleh Tuhan memiliki keyakinan dan diwajibkan untuk beribadah kepada Tuhan sesuai dengan agama mereka masing-masing. Dalam hal agama, Islam merupakan agama dengan jumlah pengikut terbesar di dunia setelah agama Kristen.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim setiap tahun, yaitu puasa di bulan Ramadhan yang jatuh pada tanggal 11 Maret bagi Muhammadiyah dan 12 Maret bagi Nahdlatul Ulama (NU) di Indonesia. Meskipun berbeda sehari tetapi pengerjaan dalam berpuasa tersebut sama yaitu selama satu bulan.

Umat Muslim membaca Al Quran saat hari pertama puasa Ramadhan di Masjid Agung Sudirman, Denpasar, Bali

Photo :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Pakistan memiliki sekitar 240,8 juta orang yang memeluk agama Islam, tetapi Indonesia memiliki sekitar 236 juta orang muslim, menjadikannya negara dengan populasi muslim terbanyak kedua di dunia setelah Pakistan, menurut data World Population Review.

Jika membicarakan negara-negara dengan jumlah pemeluk agama Islam, ternyata ada lima negara yang memiliki pengikut agama Islam terbanyak di dunia, dilansir dari Good Stats pada Jumat, 15 Maret 2024 : 

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

1. Pakistan

Pakistan adalah sebuah negara di Asia Selatan yang berbatasan dengan India di sebelah timur. Didirikan pada tahun 1947 setelah berpisah dari India, dengan Islamabad sebagai ibu kota dan Karachi sebagai kota terbesar.

Dengan 240,8 juta orang, atau hampir semua orang Pakistan, Pakistan adalah negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia.

2. Indonesia

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia terletak di Asia Tenggara. Indonesia memiliki keanekaragaman budaya, bahasa, dan etnis karena memiliki 17.000 pulau. Sejarah Indonesia panjang, mulai dari kerajaan kuno hingga penjajahan kolonial.

Indonesia adalah negara yang didirikan pada tahun 1945 dan ibu kotanya adalah Jakarta.  Indonesia saat ini memiliki populasi muslim terbesar kedua di dunia dengan 236 juta orang.

3. India

Dengan 1,3 miliar orang, India adalah negara terbesar kedua di dunia. Negara ini terletak di Asia Selatan.

India memiliki sejarah yang kaya mulai dari peradaban kuno seperti lembah sungai Indus hingga keberagaman budaya dan agama. Dengan lebih dari 200 juta orang, India adalah negara dengan jumlah pengikut Islam ketiga terbanyak di dunia.

4. Bangladesh

Bangladesh adalah negara di Asia Selatan yang berbatasan dengan India dan Myanmar. Pada tahun 1971, Bangladesh memutuskan untuk keluar dari Pakistan dan menjadi negara independen.

Dengan sekitar 160 juta orang, Bangladesh adalah salah satu negara dengan populasi terbesar di dunia.Selain populasi yang padat, Bangladesh memiliki 150,8 juta orang yang memeluk agama Islam, menjadikannya negara keempat dengan jumlah orang Islam terbanyak di dunia.

5. Nigeria

Lagos, Nigeria

Photo :
  • BusinessInsider

 Negara ini terletak di Afrika Barat di tengah-tengah Benin, Chad, dan Kamerun. Abuja adalah ibu kota negara ini, dan Lagos adalah kota terbesar dan pusat ekonominya.

Dengan sekitar 200 juta orang, Nigeria adalah negara paling padat penduduk di Afrika. Dengan 97 juta orang, Nigeria adalah negara dengan jumlah penganut muslim terbanyak kelima di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya