Gelar Doa Bersama untuk Palestina, Ustaz Hafiz Kurniawan: Ini Soal Kemanusiaan

Doa bersama untuk Palestina.
Sumber :
  • Ist.

VIVA Lifestyle – Menyambut Ramadhan 1445H, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Ukhuwah Islamiyah Universitas Indonesia menggelar kajian Ramadhan jelang berbuka puasa. Dalam kegiatan tersebut, turut dilangsungkan doa bersama untuk Palestina. Sebanyak lebih dari 300 mahasiswa UI menghadiri kajian dan doa bersama tersebut yang dilaksanakan pada Jumat 15 Maret 2024.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Hadir sebagai pembicara antara lain, Ustaz Hafiz Kurniawan, Nurul Dina Rahmawati, S.Gz., M.Sc dan moderator Maman Suherman, pegiat sosial sekaligus influencer. Kegiatan ini selain menjalin tali silaturahmi juga menjadi ajang berbagi informasi terkait kesehatan dan lingkungan selama menjalankan ibadah puasa. Scroll untuk info lengkapnya yuk!

Ustaz Hafiz Kurniawan mengatakan momen Ramadhan adalah untuk membangun kesadaran umat dan membangun kepedulian terhadap lingkungan sosial kita.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

“Ramadhan harus menjadi pendorong bagi kita untuk membangun kembali kesadaran yang selama ini terabaikan seperti kesadaran terhadap lingkungan, sosial dan kesehatan kita sendiri,” jelas Ustaz Hafiz Kurniawan. 

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Mengenai doa bersama untuk Palestina yang turut digelar, Hafiz Kurniawan mengatakan bahwa momentum Ramadan sebaiknya mendorong kita melakukan hal-hal yang dapat membantu umat Islam di Palestina.

“Doa bersama adalah soal kemanusiaan. Dengan cara ini kita dapat memberikan perhatian untuk masyarakat di Gaza, bagaimana agar anak-anak, perempuan, lansia dan masyarakat di Palestina pada umumnya mendapatkan hak-hak sipilnya,” jelas Hafiz Kurniawan. 

Dosen di Departemen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Nurul Dina Rahmawati, S.Gz., M.Sc, yang turut hadir memberikan materi mengenai kesehatan di bulan puasa mengingatkan pentingnya menjaga kebutuhan hidrasi tubuh selama berpuasa.

“Saya berharap temen-teman mahasiswa bisa lebih sadar lagi dalam pemenuhan gizi seimbang, tidak lagi hanya memerhatikan karbohidrat dan protein, tapi juga buah dan sayur, beraktivitas fisik, minum air putih yang cukup dan mengelola stres,” jelas Dina. 

Lebih lanjut, Dina mengatakan yang sering terabaikan saat berpuasa adalah status hidrasi.

“Meskipun sedang berpuasa, bukan jadi halangan untuk memenuhi asupan air minum kita dengan memastikan 8 gelas sehari, yang bisa dipenuhi saat sahur, berbuka hingga menjelang tidur,” jelas Dina. 

Safari Ramadhan bersama DKM Masjid Ukhwah Islamiyah UI merupakan upaya AQUA untuk memastikan kecukupan hidrasi di saat Ramadhan. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk kajian interaktif mengenai isu-isu terkini tentang kesehatan dan lingkungan dan juga disertai doa bersama untuk Palestina ini berlangsung di berbagai masjid di tanah air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya