7 Tempat Paling Terlarang untuk Didatangi Turis di Dunia, Ada Pulau Sentinel dan Area 51

Pulau Ular, Brasil
Sumber :
  • Twitter @papiitiino

Jakarta – Jika kamu mengaku sebagai pengembara dan pencari petualangan yang sejati, tentu kamu menginginkan pengalaman menjelajahi tempat-tempat di dunia yang masih jarang dijamah oleh banyak orang. Tetapi, tidak semua sudut dunia dapat kamu jelajahi dengan bebas.

Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, HNSI Siap Berkolaborasi dengan Pemerintah

Ada daerah-daerah di seluruh dunia yang dianggap sangat berisiko sehingga tidak diperkenankan bagi turis untuk mengunjunginya. Menurut laporan dari Onmanorama, terdapat beberapa bagian di berbagai belahan dunia yang hanya dapat diakses dengan izin khusus.

Umumnya, orang-orang yang diizinkan masuk adalah mereka yang memiliki kepentingan tertentu, seperti keperluan penelitian atau proyek pemerintah. Larangan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut bisa disebabkan oleh berbagai alasan, mulai dari tingkat bahaya yang tinggi hingga tingkat keamanan yang sangat ketat yang diterapkan oleh pemerintah setempat.

Putu DPR: Kita Menyadari Isu Air Berpengaruh dan Terpengaruh oleh Perubahan Iklim

1. Pulau Ular, Brasil

Pulau Ular, Brasil

Photo :
  • Twitter @papiitiino
Nasib Penempatan PMI ke Arab Saudi Melalui SPSK Belum Jelas, FKPMI Bilang Begini

Dengan julukan yang sesuai, wilayah ini dihuni oleh makhluk berbisa yang licin. Otoritas Brasil telah mengeluarkan larangan bagi pengunjung untuk memasuki pulau ini, hal ini tidak hanya demi keselamatan mereka, tetapi juga untuk menjaga kelestarian spesies ular yang tinggal di sana.

2. Chernobyl, Ukraina

VIVA Militer: Hutan Merah, titik paling bahaya radiasi nuklir di Chernobyl

Photo :
  • insider.com

Ketika Chernobyl di Ukraina mengalami tragedi nuklir pada tahun 1986, mengakibatkan kematian bagi 50 orang dan radiasi yang terpapar oleh ratusan lainnya. Tingkat radiasi di daerah tersebut masih dianggap tinggi hingga saat ini. Sementara area aman di Chernobyl dapat dikunjungi, sejumlah lokasi berisiko tinggi tetap dilarang untuk diakses oleh pengunjung.

3. Gudang Benih Global Svalbard

Kubah kiamat Svalbard Global Seed Vault

Photo :
  • Instagram/@maritefre

Svalbard Global Seed Vault, terletak di Norwegia, berfungsi sebagai bank benih dengan keamanan tinggi sebagai upaya cadangan untuk mengatasi kelangkaan pangan yang disebabkan oleh bencana alam besar atau dampak kerusakan lingkungan yang luas yang disebabkan oleh tindakan manusia.

4. Area 51, Amerika Serikat

Zona terlarang Area 51, Nevada

Photo :

Dikenal sebagai Area 51, tempat ini merupakan area penguji senjata dan pesawat tempur Angkatan Udara Amerika Serikat yang terkenal akan keamanan ketatnya. Selain itu, Area 51 juga dikenal sebagai lokasi penyimpanan potensial bagi pesawat tak dikenal dan makhluk asing yang konon dimiliki oleh pemerintah AS, yang dilindungi oleh sistem keamanan yang sangat ketat.

5. Mount Weather Emergency Operations Centre, Amerika Serikat

Area 51

Photo :
  • space.com

Terletak di Pegunungan Blue Ridge, Virginia, fasilitas ini berfungsi sebagai pusat operasi darurat yang disediakan sebagai alternatif bagi Pemerintah AS dalam menghadapi situasi darurat. Semua informasi yang terkait dengan pusat ini dianggap rahasia dan dijaga dengan ketat.

6. Rumah Arsip Rahasia di Vatikan

Ilustrasi Vatikan (Doc: AP Photo)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Rumah Arsip Rahasia di Kota Vatikan adalah tempat penyimpanan dokumen-dokumen bersejarah yang sensitif terkait dengan Vatikan. Akses ke tempat tersebut dibatasi hanya bagi peneliti yang memenuhi syarat dan mereka yang bertanggung jawab atas arsip, hal ini dilakukan untuk mencegah kontroversi besar yang dapat timbul akibat pengungkapan isi dari dokumen-dokumen berusia ratusan tahun tersebut.

7. Pulau Sentinel Utara, India

Pulau paling rahasia di dunia: Suku Sentinel di Kepulauan Andaman

Photo :
  • Yahoo

Terletak di Kepulauan Andaman dan Nikobar, pulau ini merupakan tempat tinggal bagi suku Jarawa Kuno. Suku tersebut menolak adanya interaksi dengan orang asing dan menunjukkan keinginan untuk tetap terisolasi. Untuk alasan ini, pemerintah telah mengeluarkan larangan bagi wisatawan untuk mengunjungi wilayah tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya