Belum Haji Bolehkah Dipanggil Pak Haji? Begini Buya Yahya Menjelaskan

KH Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Sering dijumpai di tengah-tengah masyarakat seseorang memanggil orang lain, terlebih saat yang dipanggil menggunakan kopiah putih, dengan panggilan Pak Haji.

Embarkasi Solo Akan Berangkatkan 35.977 Jemaah Calon Haji Asal Jateng dan DIY

Haji adalah rukun Islam yang kelima. Hukum wajib haji adalah bagi yang mampu melaksanakannya. Hal ini karena haji memerlukan kesiapan materi, mental dan fisik.

Setelah berhaji, predikat Pak Haji atau Bu Hajah pun akan melekat kepada seseorang yang telah menunaikannya. Namun terkadang, ada yang memanggil Pak Haji kepada seseorang yang dianggap tua, meski ia belum berhaji.

Catat, Dokter Sarankan Jemaah Haji Bawa Obat-obatan Ini ke Tanah Suci

Lalu, bagaimana pandangan Islam terkait panggilan ini jika ternyata yang dipanggil adalah orang yang belum melaksanakan ibadah haji? Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Ilustrasi ibadah haji.

Photo :
  • MCH 2023
Jaga Kesehatan, Ini Obat-obatan yang Perlu Dibawa Jemaah Haji

Terkait hal tersebut, Buya Yahya menyarankan hal berikut ini. Berikut penjelasan Buya Yahya, yang dikutip dari laman tvOnenews pada tayangan ceramah Beliau di Kanal YouTube Al-Bahjah TV.

Buya Yahya mengatakan, bahwa mengenai hal itu, ada dua pendapat. Pertama, Buya Yahya menyebutkan bahwa hal tersebut tidak boleh.

"Ada dua pendapat, menurut sebagian pak haji itu nggak boleh. Kamu belum haji kok dipanggil pak haji," ungkap Buya Yahya.

"Karena dia ngiri, enggak pengen ada orang yang sudah haji dipanggil pak haji. Ini menurut sebagian pak haji," lanjutnya.

Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Photo :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

Kemudian pendapat kedua, menurut Buya Yahya tak ada masalah jika dilakukan agar bisa cepat dipanggil berangkat Haji.

"Dua pendapat, menurut yang lainnya ya nggak apa-apa wong namanya pak haji, semoga bisa cepat haji, kan begitu," jelas Buya Yahya.

"Enggak apa-apa sebetulnya, sebab ada orang emang begitu, ada orang pakai kopiah putih dimarahi, kamu sudah haji ya, Kok pakai kopiah putih, akhirnya bingung pakai hijau atau kuning," terusnya.

Buya Yahya mengatakan bagi orang yang sudah pergi haji beberapa menganggap sebutan tersebut sebaiknya tidak sembarangan digunakan.

"Memang menurut sebagian pak haji, yang belum haji dipanggil pak haji nggak boleh," kata Buya Yahya.

"Kenapa, wong saya aja habis berapa juga haji baru dipanggil pak haji, ente belum naik haji dipanggil pak haji. Nggak boleh," terusnya.

Meski begitu, Buya Yahya mengingatkan kepada yang sudah pernah haji untuk tidak menyombongkan ibadahnya, sampai tidak mau bergaul dengan orang yang belum berhaji.

Buya Yahya menyimpulkan bahwa boleh-boleh saja seseorang yang belum pergi haji dipanggil dengan sebutan pak haji. Anggaplah sebagai doa agar bisa benar-benar berangkat haji.

"Kesimpulannya boleh dipanggil pak haji semuanya, insya Allah Haji karena dalam bahasa arab haji itu doa. Haji, haji," jelasnya.

Seperti halnya dengan mendoakan anak agar menjadi anak yang shaleh walaupun kelakuannya saat itu masih belum menunjukkan keshalehan.

"Anak shaleh, padahal bandel betul. Padahal biar jadi anak shaleh insyaallah. Selesai," ujar Buya Yahya. Sebagai penutup, Buya Yahya mendoakan agar bisa segera berangkat haji.

"Insya Allah rezekinya banyak, naik haji bareng-bareng. Haji semuanya," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya