Bisa Dicontek, Ini Strategi Sukses dalam Mengubah Kegagalan

Ilustrasi Kesuksesan. Sumber: unsplash.com
Sumber :
  • vstory

VIVA Lifestyle – Menjadi seorang trader yang sukses bukanlah perjalanan yang mudah. Di sepanjang jalan, setiap trader, baik yang masih amatir maupun yang sudah profesional, pasti akan mengalami kerugian atau loss. Namun, momen kegagalan ini seringkali menjadi pelajaran berharga yang dapat membawa mereka menuju kesuksesan di masa depan.

Harga Emas Hari Ini 12 Juni 2024: Produk Antam Meroket, Global Bervariasi

Untuk mencapai kesuksesan sebagai trader, sangat penting untuk belajar dari pengalaman orang lain, terutama dari kisah-kisah mereka yang pernah gagal namun akhirnya berhasil. Scroll lebih lanjut ya.

Kisah-kisah ini dapat menjadi sumber inspirasi dan pembelajaran bagi siapa saja yang ingin menggeluti dunia trading. Salah satu kisah inspiratif tersebut datang dari seorang trader DIDIMAX, yang kita sebut saja Deni.

Harga Emas Hari Ini 11 Juni 2024: Produk Antam Naik Tipis Jadi Rp 1.330.000 Per Gram

Deni memulai perjalanannya di dunia trading dengan membuka akun  pada Agustus 2023, bermodalkan awal sebesar Rp1 Miliar. Dengan modal tersebut, Deni melakukan aksi beli emas (XAUUSD) di harga 1814.70 per troy ounce dengan jumlah lot sebesar 100 lot. Beberapa bulan kemudian, Deni menutup posisi tersebut saat harga emas mencapai 2445.00 per troy ounce. Dari transaksi ini, Deni berhasil membukukan laba sebesar 62 ribu poin lebih, atau setara dengan profit sekitar 62 Miliar Rupiah.

8 Kebiasaan Frugal Living Warren Buffet yang Bikin Kaya

Deni mengungkapkan bahwa dia memiliki keyakinan kuat terhadap komoditas emas, yang menurutnya memiliki fundamental yang lebih baik dibandingkan aset investasi lainnya. Kenaikan harga emas yang dia manfaatkan dimulai sejak terjadinya serangan Rusia ke Ukraina, kemudian dilanjutkan dengan serangan Hamas ke Israel, serta faktor-faktor fundamental lainnya yang mendukung kenaikan harga emas.

Berbekal pengalamannya, Deni memberikan beberapa tips bagi trader pemula yang ingin masuk ke dunia trading forex. Pertama, dia menekankan agar tidak tergiur hanya oleh keuntungan besar yang mungkin didapat, melainkan harus juga sadar akan risiko yang menyertainya. Banyak trader pemula yang tidak siap menghadapi risiko kehilangan uang jika salah dalam melakukan analisis atau pengambilan posisi. Deni sendiri mengalami kerugian di awal kariernya sebelum akhirnya bisa meraih profit.

Ilustrasi uang

Photo :
  • Pixabay

Selain itu, Deni juga menghimbau agar trader berhati-hati dalam memilih broker. Dia menyarankan untuk memilih broker lokal Indonesia yang diawasi oleh Bappebti, seperti DIDIMAX, untuk memastikan keamanan dana dan transparansi transaksi. Deni berbagi pengalamannya bahwa beberapa broker asing mengusirnya saat dia profit, bahkan ada yang tidak membayar profit yang seharusnya diterima.

Dalam pesannya kepada trader baru, Deni mengingatkan untuk benar-benar berhati-hati dalam trading.

"Jangan sampai uang yang Anda kumpulkan habis dalam waktu singkat di trading. Tapi juga jangan takut, Anda harus berani mengambil risiko jika ingin profit," ungkapnya.

Kisah Deni adalah contoh nyata bagaimana kegigihan, pembelajaran dari kegagalan, dan strategi yang matang dapat membawa seorang trader mencapai kesuksesan. Bagi siapa saja yang ingin menapaki jejaknya, penting untuk selalu belajar, waspada terhadap risiko, dan memilih broker yang tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya