Apakah Kamu Terlalu Bergantung Pada Pasangan? Kenali Ciri-Cirinya!

Ilustrasi pasangan/cemburu.
Sumber :
  • Freepik/yanalya

VIVA Lifestyle – Terlalu bergantung pada pasangan memiliki berbagai dampak negatif. Hal ini menciptakan ketidakseimbangan dalam hubungan, di mana satu pihak merasa terbebani dengan tanggung jawab yang terlalu besar. Selain itu, ketergantungan yang berlebihan juga dapat mengurangi rasa percaya diri dan kemandirian diri sendiri.

10 Tanda Cowok Red Flag, Gak Banget untuk Jadi Pasangan

Penting untuk menyadari apakah kamu terlalu bergantung pada pasangan atau tidak. Mengetahui ciri-ciri bergantung pada pasangan menjadi langkah awal yang krusial. Kesadaran ini memungkinkan kamu untuk mengevaluasi dan memperbaiki dinamika hubungan, serta membangun kemandirian yang sehat. 

Apakah kamu terlalu bergantung pada pasangan? Yuk, simak lima ciri-ciri seseorang yang bergantung pada pasangan!

Jarang Disadari, Ini 5 Tanda Pasangan Narsistik yang Bisa Bikin Insecure

1. Terlalu Bergantung Secara Emosional

Ilustrasi pasangan.

Photo :
  • vstory
Son Ye Jin Ungkap Alasan Menikah dengan Hyun Bin

Orang yang terlalu bergantung pada pasangan merasa dirinya tidak bisa menghadapi situasi sulit tanpa dukungan dari pasangannya. Dalam kondisi ini, orang tersebut selalu merasa kurang percaya diri dan tidak bisa mengatasi masalahnya sendiri.

Ketergantungan secara emosional seperti ini dapat menyebabkan beban yang tidak seimbang dalam hubungan, di mana pasangan harus selalu menjadi sumber kekuatan dan dukungan, yang pada akhirnya bisa menimbulkan kelelahan emosional bagi kedua belah pihak.

2. Tidak Mandiri Secara Finansial

Sering ditemui di masyarakat bahwa kebanyakan orang yang terlalu bergantung pada pasangan tidak memiliki kemandirian finansial dan sepenuhnya mengandalkan pasangan untuk kebutuhan ekonomi. Biasanya mereka tidak memiliki sumber pendapatan sendiri atau tidak memiliki keterampilan untuk mengelola keuangan, hal ini membuat mereka rentan bergantung dengan pasangannya.

3. Sering Mengorbankan Kebutuhan Pribadi

Ilustrasi pasangan berantem di film Someone Great.

Photo :
  • Netflix

Orang yang terlalu bergantung pada pasangan sering menunjukkan ciri mengabaikan keinginan dan kebutuhan pribadi demi memenuhi keinginan pasangan. Pengorbanan berlebihan ini bisa berujung pada perasaan kecewa, kebencian, dan ketidakpuasan, karena orang tersebut tidak merasa terpenuhi secara emosional dan psikologis.

4. Keputusan yang Dibuat Selalu Dipengaruhi Pasangan

Membiarkan pasangan membuat semua keputusan penting dalam hidup tanpa mempertimbangkan pendapat pribadi adalah salah satu ciri seseorang terlalu bergantung pada pasangan. Orang tersebut mungkin merasa tidak memiliki kontrol atas keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka sendiri.

5. Takut Kehilangan Pasangan Secara Berlebihan

Ilustrasi pasangan

Photo :
  • Freepik/lookstudio

Takut kehilangan pasangan adalah hal yang wajar dalam sebuah hubungan, namun memiliki ketakutan berlebihan terhadap kemungkinan kehilangan pasangan dan merasa tidak bisa hidup tanpanya merupakan salah satu ciri seseorang yang terlalu bergantung pada pasangan. Ketakutan ini bisa mengarah pada perilaku tidak sehat, seperti selalu mengekang kebebasan pasangan dalam melakukan sesuatu.

Apabila kamu memiliki ciri-ciri terlalu bergantung pada pasangan seperti yang telah dijabarkan, maka penting untuk mencari solusi yang memungkinkan untuk membangun kemandirian dan kepercayaan diri. Kamu bisa bekerja sama dengan pasangan untuk menetapkan batas-batas yang sehat, memberi  ruang untuk perkembangan pribadi, penguatan kemandirian finansial dan peningkatan komunikasi yang terbuka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya