Kenali 5 Fakta Seputar Harbolnas

Hari Belanja Online Nasional
Sumber :

VIVA – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2017 akan segera digelar pada 12 Desember 2017 mendatang. Pada hari tersebut semua orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan beragam penawaran menarik.

UMKM Lokal Ungkap Peningkatan Penjualan di Harbolnas 12.12

Memasuki tahun kelima, penyelenggaraan event pun mengalami peningkatan yang signifikan. Di mulai dari tahun 2012 hanya diikuti oleh enam e-commerce, hingga akhirnya pada tahun lalu telah diikuti oleh 211 e-commerce. Tak hanya itu, saja banyak data-data lain yang menarik mengenai penyelenggaraan Harbolnas.

Berikut beberapa fakta unik dan menarik selama penyelenggaraan Harbolnas, dirangkum VIVA.

Sambut Harbolnas, Zulhas Jadi Host Shopee Live Bersama Seller UMKM Ekspor

1. Penyelenggaraan Harbolnas

Penyelenggaraan ini mulai populer di kalangan masyarakat pada tahun 2016. Sebanyak 80 persen masyarakat sudah mengetahui Harbolnas seminggu sebelumnya. Sebesar 24 persen mengetahui Harbolnas melalui website penyedia jasa online, 23 persen melalui media sosial, sembilan persen melalui televisi dan tiga persen melalui portal berita 

Sambut Harbolnas, TikTok Shop Resmi Gabung Tokopedia dan Beroperasi Lagi

"Nilai ini naik 15 persen dibanding tahun sebelumnya," kata Director Consumer Insight Nielsen Indonesia, Rusdy Sumantri.

2. Apa yang diincar selama Harbolnas

Hal yang menarik dan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat selama penyelenggaraan Harbolnas adalah diskon belanja. Masyarakat juga mengincar bebas ongkos kirim, voucher, dan cashback.

3. Aktivitas kegiatan berbelanja Harbolnas

Pada tahun 2016 umumnya aktivitas belanja tertinggi terjadi pada pukul 09.00 hingga 15.00 dan 18.00 hingga 21.00.

"Sebanyak 48 persen mereka melakukan pemesanan di kantor. Kemungkinan di tahun ini, bisa di kantor juga karena memang Harbolnas berlangsung pada waktu kerja," katarnya.

4. Konsumen paham apa yang ingin dibelanjakan

Sebanyak 87 persen pembeli sudah merencanakan melakukan pembelanjaan saat Harbolnas.

5. Jumlah pengeluaran belanja rata-rata

Diprediksi orang akan mengeluarkan uang rata-rata untuk berbelanja berkisar Rp400 ribu hingga Rp500 ribu per transaksi untuk tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya