Trik Bicarakan Masalah Keuangan dengan Pasangan

Ilustrasi pasangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Komunikasi merupakan kunci hubungan yang sehat. Tak melulu komunikasi masalah hati, soal masalah keuangan antara pasangan juga perlu dikomunikasikan.

Darius Sinathrya Blak-blakan Soal Budget Belanja Bulanan

Jika pasangan tidak pernah membicarakan soal keuangan, ini bisa menjadi sumber konflik.
Dalam beberapa kasus, konflik keuangan ini bisa menjadi sangat besar. Sebagai istri atau wanita, biasanya tidak mau mendengar kabar, ketika suami Anda terlilit banyak utang begitu Anda menikah dan dia sudah berbohong mengenai status keuangannya selama ini pada Anda.

Namun, seringkali membicarakan masalah keuangan bisa menjadi hal yang mengintimidasi. Anda tidak ingin terkesan seperti wanita 'matre', atau terlalu membanggakan banyaknya pendapatan Anda. Tetapi, akan lebih adil bila Anda berdua tahu apa yang Anda hadapi.

Tips Atur Keuangan Rumah Tangga di Tengah Wabah Corona

Tergantung pada latar belakang, Anda mungkin bisa memiliki sikap berbeda terhadap keuangan dari pasangan Anda.

Konselor dari Relate, Rachel Davies mengatakan, mungkin di beberapa bulan usia hubungan Anda, saat Anda masih tinggal terpisah, uang belum menjadi isu.

5 Tips Mudah Kelola Keuangan untuk Para Ibu Millennial

"Tidak sampai Anda membuka rekening bersama, atau mengambil hipotek pertama, atau hal serupa, hingga Anda mulai menyadari itu sebenarnya bisa perjuangan dari hari ke hari bagi seseorang jika mereka memiliki pendekatan yang berbeda pada keuangan," ujarnya.

Jika Anda merasa pasangan menyembunyikan utang, boros, atau suka berjudi, atau Anda yang justru menyembunyikan hal itu dari pasangan, dan tidak yakin bagaimana mengungkapkannya, maka transparansi adalah hal yang penting.

Davies mengatakan, bukan artinya Anda bisa membicarakan hal ini di jam 10 malam ketika Anda akan tidur. Tetapi, saat Anda ingin membicarakan ini, sebaiknya beri konteks sebanyak mungkin.

"Jadi, daripada mengatakan, 'Saya punya utang kartu kredit yang besar dan saya tidak tahu bagaimana mengatasinya', Anda sebaiknya berkata, 'inilah penyebab masalahnya, dan saya butuh bantuan kamu', dan benar-benar berharap pada pasangan untuk bisa mendukung dan membantu," saran Davies.

Semakin lama hubungan Anda jalani, semakin erat ikatan finansial Anda berdua. Relate merekomendasikan pasangan dengan beban finansial bersama yang besar dan, atau banyak anak, harus melakukan diskusi rutin mengenai keuangan rumah tangga.

Tetapi, memulai hubungan dengan pembicaraan keuangan yang baik dan transparan, bisa membuat perubahan nyata.

"Bisa menanyakan pada pasangan berapa pendapatan mereka, dan bebas mengatakannya tanpa merasa malu karena penghasilan Anda lebih sedikit, atau berbohong karena berpikir pasangan akan mencoba mengambil sesuatu dari Anda, menunjukkan hati yang lapang," kata Marian dari Tavistock Relationship.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya