Empat Trik Pintar dan Mudah Berbahasa Inggris

Ilustrasi presentasi
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Ketika melamar pekerjaan, kemampuan berbahasa Inggris dijadikan persyaratan penilaian dan seleksi diterima, atau tidaknya seseorang bekerja.

Dewi Sandra: Belajar Bahasa Inggris Bisa Permudah Hidup

Hanny Sanjaya, head of marketing British Council Indonesia Foundation mengungkapkan bahwa dalam berkarier, kemampuan berbahasa Inggris yang baik akan menjadi sebuah nilai tambah, sehingga dapat meningkatkan karier dan kompetensi seseorang. 

Di lain sisi, tak hanya dalam segi karier, menguasai bahasa Inggris juga berdampak positif bagi seseorang yang sedang menempuh studi seperti mahasiswa.

Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris Mulai Usia 4 Tahun

"Pada mahasiswa, kemampuan berbahasa Inggris yang baik akan sangat membantu mereka dalam mendapatkan nilai yang baik maupun untuk mengejar gelar dari luar negeri," ujar Hanny. 

Meski penting, namun belajar bahasa Inggris tidak mudah. Dikutip dari rilis yang diterima VIVA, Jumat 19 Januari 2018, berikut adalah beberapa tips dari British Council Indonesia Foundation yang dapat membantu para profesional dan para mahasiswa meraih sukses dalam meningkatkan kepercayaan diri ketika berbicara dan presentasi dalam Bahasa Inggris.

Sering Terjadi, Kesalahan Konyol saat Belajar Bahasa Inggris

1. Dengar dan ulangi

Salah satu cara yang paling mengasyikan dan menghibur dalam meningkatkan kemampuan berbicara dan mendengar Bahasa Inggris adalah dengan mempraktikkan dialog atau material dari film, acara televisi atau saluran Youtube favorit Anda. 

Aktifkan subtitle Bahasa Inggris, sehingga Anda bisa mengidentifikasi setiap kata. Putar ulang percakapan mereka berulang kali jika diperlukan. Hal ini juga dapat membantu Anda dalam menambah kosakata yang dapat Anda gunakan, ketika akan melakukan presentasi dalam Bahasa Inggris.

2. Cari teman belajar

Carilah teman yang sama-sama ingin lebih percaya diri berbahasa Inggris. Ketika sedang hang out, implementasikan peraturan 'english only' selama satu atau dua jam di mana setiap orang hanya boleh berbicara dalam Bahasa Inggris.

Teman yang mendukung akan membuat Anda lebih merasa nyaman untuk berbicara bahasa Inggris tanpa disertai rasa tidak percaya diri.

3. Jangan takut salah

Ingat, tidak apa-apa untuk membuat kesalahan. Jika kamu kesusahan dalam mengucapkan kalimat Bahasa Inggris yang panjang dan sulit, berhenti sejenak dan ambil napas, lalu lanjut lagi berbicara. 

Kenyataan bahwa kamu berkomunikasi dengan bahasa yang bukan bahasa ibumu sudah menjadi alasan yang cukup untuk bangga akan pencapaian Anda.

4. Membaca dengan keras 

Alokasikan 30 menit waktumu setiap hari untuk membaca baik novel atau buku non-fiksi, dan 30 menit lainnya untuk membacanya dengan keras. 

Ini adalah cara yang baik untuk mengembangkan kemampuan membaca Anda, sekaligus mempraktikkan pengucapan dalam bahasa Inggris, baik itu intonasi berbagai kata maupun panjang kalimat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya