Gemar Minum Alkohol Picu Tumbuhnya Payudara Pria

Ilustrasi pria.
Sumber :
  • www.pixabay.com/PDPics

VIVA – Mungkin terdengar aneh jika ternyata pria juga berisiko terkena kanker payudara. Padahal, kanker payudara juga sangat mungkin diderita oleh pria maupun wanita.

Apakah Wanita Transgender Berisiko Terkena Kanker Payudara? Ini Penjelasannya

Selain gen, kanker payudara pada pria juga bisa dipicu oleh gaya hidup dan pola makan. Bagi Anda yang gemar mengonsumsi alkohol, sebaiknya mulai waspada. Karena sebuah para ahli menyebutkan bahwa konsumsi alkohol berpotensi menumbuhkan payudara pria dan picu kanker payudara. 

Spesialis Bedah Onkologi RS Mitra Kelapa Gading, dr. Walta Gautama, Sp.B (K) Onk, kepada VIVA mengungkapkan alasannya.

Kanker Payudara Pada Pria Sering Diabaikan, Ketahui Penyebab dan Gejalanya

Dikatakannya, bahwa pria dan wanita memiliki organ tubuh yang hampir sama, termasuk di bagian payudara. Hanya saja, payudara pada pria cenderung tidak berkembang karena tidak memiliki hormon yang sama dengan wanita.

"Pemicu kanker payudara paling utama adalah hormon estrogen. Over hormonal estrogen pada pria, bisa memicu perkembangan payudara menjadi lebih aktif dan sering," ujarnya.

Kisah Sedih Istri Idap Kanker, Suami Malah Selingkuh dengan Adik

Dokter Walta melanjutkan, pemicu timbulnya hormon estrogen berlebihan pada pria yaitu rutinitas dalam mengonsumsi alkohol yang tidak dibatasi. Menurutnya, alkohol memiliki kandungan yang membuat tubuh memproduksi estrogen.

"Alkohol berubah bentuknya jadi estradiol, bentuk bangunnya mirip dengan estrogen. Makanya, laki-laki peminum alkohol berlebihan dapat membuat payudaranya tumbuh dan berkembang aktif," paparnya.

Selain itu, makanan berlemak juga berpotensi timbulkan risiko kanker payudara pada kelompok pria. Nantinya, lemak ditumpuk di dalam tubuh dan sewaktu-waktu bisa memicu sel normal menjadi kanker.

"Hormon estrogen yang diproduksi, lalu disimpan dalam bentuk lemak. Nanti ada satu titik, di mana hormon itu bisa berubah menjadi kanker payudara," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya