Apakah Wanita Transgender Berisiko Terkena Kanker Payudara? Ini Penjelasannya

Ilustrasi kanker payudara.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA Lifestyle – Hingga saat ini, komunitas medis tidak memiliki data mengenai angka kanker payudara di komunitas transgender. Kaum transgender secara historis menghadapi diskriminasi dalam jumlah besar, dan data sering kali tidak diambil atau dicatat dengan tepat.

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer

Diskriminasi dan hambatan dalam mendapatkan layanan kesehatan masih terjadi pada komunitas transgender saat ini, namun telah ada kemajuan besar dalam hal ini. Misalnya, selama bertahun-tahun diasumsikan bahwa perempuan transgender memiliki risiko yang sama terkena kanker payudara seperti laki-laki cisgender, namun data baru menunjukkan bahwa hal tersebut tidak terjadi.

3 Cara Bikin Pasangan Happy di atas Ranjang dan Gak Bosen Sama Kamu

Peneliti medis kini mengetahui, bahwa perempuan transgender memiliki peningkatan risiko kanker payudara dibandingkan laki-laki cisgender, dan mereka harus mengikuti pedoman skrining kanker payudara.

Dalam artikel ini kami akan membawa Anda untuk mengetahui, apa saja faktor risiko kanker payudara pada wanita transgender dan rekomendasi skriningnya. Penasaran? Simak selengkapnya berikut ini.

Presiden AS Joe Biden Dikritik Gegara Umumkan Hari Transgender Bersamaan dengan Hari Paskah

Risiko Kanker Payudara pada Wanita Transgender

Kami masih belum memiliki banyak informasi mengenai risiko pasti wanita transgender terkena kanker payudara. Namun, hasil penelitian di Belanda tahun 2019 memberikan beberapa data berharga, seperti mengutip laman Healthline.com.

Studi ini mencari kasus kanker payudara di kalangan transgender yang menjalani terapi hormon dan menerima perawatan di klinik gender VU University Medical Center Amsterdam di Belanda antara tahun 1972 dan 2016. Pusat ini dipilih karena merupakan fasilitas kesehatan masyarakat yang besar, di mana lebih dari 95 persen kaum transgender di Belanda menerima perawatan.

Giuliana Farfalla, model transgender asal Jerman.

Photo :
  • Instragram

Peneliti menemukan, bahwa perempuan transgender yang mendapat terapi hormon memiliki peningkatan risiko kanker payudara jika dibandingkan dengan laki-laki cisgender. Data dari penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa risikonya meningkat setelah diobati dengan hormon penegasan gender dalam waktu singkat.

Selain itu, data dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa perempuan transgender yang mengidap kanker payudara sering kali mengidapnya pada usia yang lebih muda dibandingkan perempuan cisgender.

Usia rata-rata diagnosis kanker payudara untuk perempuan transgender dalam penelitian ini adalah 52 tahun. Usia rata-rata diagnosis kanker payudara untuk perempuan cisgender di Belanda adalah 61 tahun.

Masih diperlukan lebih banyak penelitian dan informasi. Namun penelitian ini menunjukkan bahwa terapi hormon meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita transgender. Meski risikonya tergolong di bawah risiko pada perempuan cisgender, namun risiko tersebut cukup signifikan sehingga skrining dan edukasi kanker payudara pada perempuan transgender menjadi sangat penting.

Faktor Risiko Tambahan untuk Kanker Payudara

Sejumlah faktor lain meningkatkan risiko kanker payudara. Banyak dari risiko ini memengaruhi perempuan transgender dan cisgender. Faktor risiko tersebut antara lain sebagai berikut;

Kanker payudara

Photo :
  • https://news.ubc.ca/

Genetika

Memiliki mutasi pada gen BRCA1 atau BRCA2 meningkatkan risiko kanker payudara. Wanita transgender dapat mewarisi mutasi gen tersebut. Sejarah keluarga. Riwayat keluarga yang mengidap kanker payudara membuat Anda berisiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

Usia

Risiko Anda terkena kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia.

Kegemukan

Obesitas ternyata juga dapat mengubah kadar hormon dalam tubuh dan dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara.

Aktivitas Fisik Terbatas

Memiliki gaya hidup non-aktif dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

Alkohol

Ada hubungan yang diketahui antara minum alkohol dan peningkatan risiko kanker payudara.

Jaringan Payudara Padat

Jaringan payudara yang padat lebih berserat dan lebih sulit dibaca pada mammogram. Ini dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker payudara. Jaringan payudara yang padat sering terjadi, dan pertumbuhan payudara yang dialami wanita transgender akibat terapi hormonal mungkin merupakan jaringan payudara yang padat.

Pernah Alami Kanker Payudara Sebelumnya

Menderita kanker payudara sekali meningkatkan risiko Anda terkena kanker lagi.

Rekomenasi Skrining Kanker Payudara untuk Wanita Transgender

Penelitian di Belanda membuktikan, bahwa skrining kanker payudara bagi wanita transgender itu penting. Rekomendasi pemeriksaan yang tepat untuk wanita transgender bergantung pada keadaan spesifik Anda. Berikut tiga rekomendasi umum:

  • Jika Anda sudah menjalani terapi hormon feminisasi setidaknya selama 5 tahun, ikuti rekomendasi skrining kanker payudara untuk wanita cisgender dalam kelompok usia Anda.
  • Jika Anda berusia 50 tahun ke atas, ikuti rekomendasi skrining kanker payudara untuk wanita cisgender dalam kelompok usia Anda dan lakukan pemeriksaan setidaknya setiap 2 tahun. Ini berlaku tidak peduli berapa lama Anda mengonsumsi hormon.
  • Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang mengidap kanker payudara atau mengetahui Anda memiliki mutasi genetik pada gen BRCA1 atau BRCA2, ikuti petunjuk skrining untuk wanita cisgender risiko tinggi pada kelompok usia Anda. Ini berlaku tidak peduli berapa lama Anda mengonsumsi hormon.

Dokter atau klinik yang meresepkan hormon Anda mungkin dapat memberi saran jika Anda tidak yakin kapan harus memulai pemeriksaan. Anda dapat berbicara dengan mereka tentang riwayat keluarga yang mengidap kanker payudara atau kekhawatiran lain yang mungkin Anda miliki. Mereka dapat membantu Anda mengembangkan garis waktu dan rencana penyaringan.

Mereka mungkin juga dapat merekomendasikan profesional kesehatan dan lokasi untuk mengakses pemeriksaan kanker payudara.

Gejala Kanker Payudara

Kanker payudara paling bisa diobati jika terdeteksi pada tahap awal. Itu sebabnya skrining sangat penting, begitu juga dengan mengetahui gejala kanker payudara. Gejala-gejala berikut tidak selalu mengindikasikan kanker. Namun, jika Anda melihat salah satunya, sebaiknya temui ahli medis sesegera mungkin.

Berikut tanda-tanda yang perlu diketahui:

  • benjolan baru di jaringan payudara
  • area jaringan payudara yang terasa berbeda dengan jaringan di sekitarnya
  • nyeri payudara
  • pembengkakan payudara
  • puting yang terbalik
  • kulit merah atau berubah warna pada payudara
  • kulit payudara mengelupas atau terkelupas
  • keluarnya cairan dari puting
  • keluarnya cairan dari puting susu
  • perubahan tiba-tiba pada ukuran atau penampilan payudara
  • benjolan yang menyakitkan atau bengkak di ketiak
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya