Ada Kabar Baik untuk Pasien Kanker Paru-paru

Ilustrasi paru-paru/rontgen/x-ray.
Sumber :
  • Freepik/pressfoto

AS – Terdapat hampir 250 ribu kasus kanker paru-paru yang didiagnosis di AS pada 2023. NSCLC adalah jenis kanker paru-paru yang paling umum, dengan angka mencapai sekitar 80 persen kasus. 

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Sebanyak 70 persen dan 30 persen tumor NSCLC, masing-masing memiliki histologi non-skuamosa atau skuamosa. Meskipun imunoterapi dan terapi bertarget memiliki hasil yang lebih baik dalam pengaturan lini, sebagian besar pasien pada akhirnya tetap mengalami perkembangan penyakit dan kemudian menjalani kemoterapi. Scroll untuk info selengkapnya.

Selama beberapa dekade, kemoterapi telah menjadi pengobatan terakhir yang tersedia untuk pasien dengan NSCLC lanjut, meskipun efektivitasnya terbatas dan efek samping yang sudah banyak diketahui.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Ilustrasi sel kanker.

Photo :
  • Pixabay

TROP2 merupakan protein yang diberikan secara luas pada sebagian besar tumor NSCLC. Saat ini, tidak ada TROP2-directed ADC yang telah disetujui untuk pengobatan kanker paru-paru.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Biologics License Application (BLA) dari AstraZeneca dan Daiichi Sankyo untuk datopotamab deruxtecan (Dato-DXd) telah disetujui di AS untuk pengobatan pasien NSCLC dewasa stadium lanjut atau metastasis yang telah menerima terapi sistemik sebelumnya.

Tanggal yang diterbitkan oleh The Prescription Drug User Fee Act (PDUFA) dan the Food and Drug Administration (FDA) untuk keputusan peraturan tersebut adalah selama kuartal keempat tahun 2024.

BLA didasarkan pada hasil uji coba TROPION-Lung01 Tahap III yang sangat penting, di mana datopotamab deruxtecan menunjukkan peningkatan yang signifikan secara statistik untuk titik akhir primer ganda Progression-Free Survival (PFS) dibandingkan dengan docetaxel pada pasien dengan NSCLC lanjut atau metastasis lokal yang ditangani dengan setidaknya satu lini terapi sebelumnya.

Pada pasien NSCLC, datopotamab deruxtecan menunjukkan manfaat PFS yang sangat penting secara klinis dan tren OS yang menguntungkan secara numerik. Uji coba sedang berlangsung dan OS akan dinilai pada analisis akhir.

Datopotamab deruxtecan adalah obat TROP2-directed DXd ADC yang dirancang khusus dan dikembangkan bersama oleh AstraZeneca dan Daiichi Sankyo.

Susan Galbraith, Executive Vice President, Penelitian dan Pengembangan Onkologi, AstraZeneca, mengatakan, Datopotamab deruxtecan memiliki potensi untuk menawarkan pasien NSCLC stadium lanjut yang sudah pernah mendapatkan terapi, untuk memiliki alternatif pengobatan baru yang lebih efektif dan lebih dapat ditoleransi tubuh dibandingkan kemoterapi konvensional, yang sebelumnya diobati alternatif yang efektif dan dapat ditoleransi untuk kemoterapi konvensional.

“Dengan diskusi peraturan yang sedang berlangsung di seluruh dunia dan dibarengi dengan pengajuan alternatif baru terkait penanganan kanker payudara yang kini sedang berlangsung di AS, ini menjadi awal dari upaya kami untuk membuat pengobatan baru ini tersedia bagi pasien secepat mungkin,” ujar Susan dalam keterangannya, dikutip Rabu 13 Maret 2024.

Ken Takeshita, MD, Global Head, Penelitian dan Pengembangan, Daiichi Sankyo, menambahkan, berita ini merupakan langkah yang sangat penting dalam tujuan kami untuk menciptakan standar perawatan baru yang memiliki potensi untuk mengubah pengobatan pasien dengan NSCLC. 

“Kami didorong oleh penerimaan FDA terhadap BLA saat kami berusaha menjadikan datopotamab deruxtecan sebagai TROP2-directed ADC pertama yang disetujui untuk mengobati pasien NSCLC setelah adanya perkembangan dari terapi sistemik sebelumnya. Kami sangat menantikan untuk bekerja bersama FDA untuk menghadirkan datopotamab deruxtecan kepada pasien,” ungkapnya.

Hasil dari TROPION-Lung01 dipresentasikan selama Simposium Presiden di European Society for Medical Oncology Congress 2023. Profil keamanan datopotamab deruxtecan konsisten dengan hasil yang diamati dalam uji coba lain yang sedang berlangsung. Dalam uji coba tersebut tidak ditemukan adanya kekhawatiran dalam hal keamanan terapi.

BLA paralel untuk datopotamab deruxtecan berdasarkan hasil dari uji coba TROPION-Breast01 fase III yang sangat penting sedang menunggu penerimaan di AS untuk pengobatan pasien dewasa dengan reseptor hormon metastatik (HR)-positif, HER2-negatif (IHC 0, IHC 1+ atau IHC 2+/ISH-) kanker payudara. Pengajuan peraturan tambahan untuk datopotamab deruxtecan pada kanker paru-paru dan payudara sedang berlangsung secara global.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya