Mitos atau Fakta Konsumsi Obat Lambung Saat Sahur Bikin Puasa Lancar Tanpa Lapar

Ilustrasi obat.
Sumber :
  • pixabay/tlspamg

JAKARTA  – Sebelum menjalankan ibadah puasa, disunnahkan untuk melakukan sahur dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Makan makanan yang tepat saat sahur dapat membantu kita tetap segar dan kuat berpuasa selama kurang lebih 12 jam lamanya. 

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Saat sahur ada banyak orang salah kaprah, memilih untuk mengonsumsi makanan sebanyak-banyaknya. Ada juga yang memilih untuk mengkonsumsi obat lambung agar bisa kuat puasa seharian, meskipun tidak memiliki masalah penyakit lambung atau maag. Lantas bolehkan konsumsi obat maag dengan tujuan seperti itu? Spesialis penyakit dalam, Dr.dr. Irsan Hasan, Sp.PD,KGEH, FINASIM tidak membenarkan aksi seperti itu. 

“Obat lambung itu untuk sakit maag, tujuannya untuk tidak lapar gak cocok. Kalau dia tidak punya sakit maag enggak perlu minum obat itu,”kata dia dalam program Hidup Sehat tvOne, Selasa 12 Maret 2024.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Dijelaskan oleh Irsan, kandungan obat maag sendiri bersifat basa. Sifat basa tersebut akan membantu menekan asam dalam lambung sehingga menetralkan asam tersebut di dalam lambung.  

“Kalau bicara obat maag itu obatnya sama isinya basa ketemu asam untuk menetralisir asam. Kalau tidak ada masalah dengan asam kenapa dia harus minum obat yang mengandung sifat basa,” ujarnya.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Untuk menu sahur sendiri, diungkap Irsan masyarakat bisa pilih makanan yang rendah lemak. Selain itu juga bisa pilih makanan yang diolah dengan cara rebus, kukus, atau dibakar sehingga dapat membuat lebih kenyang.

“Fakta ini kebalikan dari makanan tinggi lemak. Makanan tinggi lemak membuat lambung bekerja lebih keras. Sementara makanan rendah lemak akan cepat dicerna,” ujarnya.

Selain itu, bagi mereka yang tidak memiliki masalah dengan lambung. Konsumsi daging juga dapat membantu kenyang lebih lama. 

“Makan ini akan membuat kenyang lebih lama dibandingkan karbohidrat gula. Sahur makanan berlemak satu makanan gula yang makan gula rasa laparnya akan lebih cepat daripada makanan berlemak,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya