Ngeri, Belasan Cacing Dikeluarkan dari Mata

Mata dengan cacing
Sumber :
  • youtube

VIVA – Seorang wanita asal Oregon, Amerika Serikat, diketahui menjadi orang pertama di dunia yang terinfeksi cacing-cacing kecil di dalam organ matanya. Cacing-cacing itu diketahui dibawa oleh lalat ke bola matanya.

Cara Menangani Luka Berdarah Saat Si Kecil Terjatuh

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS mengatakan bahwa setidaknya ada 14 spesies cacing Thelazia gulosa dengan panjang 1,27 cm yang diambil dati mata wanita berusia 26 tahun itu selama 20 hari berturut-turut.

Para periset mengatakan wanita tersebut melihat cacing kecil di mata kirinya setelah mengalami iritasi. Kegiatan yang sering dilakukannya di luar ruangan selama musim panas membuat infeksinya bertambah parah.

Heboh Cacing Bersarang Dalam Bola Mata, Ini Sebabnya

Dilansir dari laman Channel Asia, jenis cacing ini merupakan jenis cacing yang sering ditemukan di seluruh Amerika Serikat bagian utara dan selatan Kanada.

Menurut sebuah penelitian yang berjudul American Journal of Tropical Medicine and Hygiene menyebut bahwa hal buruk bisa dialami seseorang jika cacing tetap berada di matanya dalam waktu yang lama, mulai dari bekas luka kornea hingga kebutaan.

Gen Z, Siap Hadapi Dunia Kerja? Ini Tips Kelola Keuangan Agar Tak Terlilit Utang

Para peneliti tersebut juga menjelaskan bahwa masyarakat di Amerika Utara mungkin lebih rentan mengalami infeksi tersebut.

"Kasus infeksi parasit cacing jarang terjadi di Amerika Serikat, dan kasus ini ternyata merupakan spesies Thelazia yang belum pernah dilaporkan pada manusia," kata pemimpin penelitian Richard Bradbury, yang bekerja dengan Divisi Parasitik CDC dan Malaria.

Sebelumnya Bradbury mengatakan, bahwa hanya ada dua spesies cacing mata yang berbeda yang menginfeksi manusia di seluruh dunia, dan yang baru sekarang ini adalah Thelazia gulosa.

Kasus infeksi mata cacing sebelumnya telah dilaporkan di seluruh dunia, terutama di Eropa dan Asia terutama masyarakat pedesaan yang dekat dengan hewan dan dengan standar hidup yang buruk, kata periset.

Cacing mata ditemukan di berbagai hewan termasuk anjing, kucing dan karnivora liar tertentu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya