Cara Menangani Luka Berdarah Saat Si Kecil Terjatuh

Peralatan P3K atau Pertolongan pertama
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Terjatuh dan cedera sangat umum terjadi pada anak-anak di usia balita. Sayangnya, tak semua ibu sigap melakukan penanganan cepat dan tepat terhadap si kecil yang aktif bergerak.

Ngeri, Belasan Cacing Dikeluarkan dari Mata

"Siapa pun yang terjatuh dengan luka terbuka lalu perdarahan banyak, termasuk anak-anak, harus ditangani dengan cepat. Tapi, tak sedikit yang malah takut menanganinya karena takut infeksi atau takut salah penanganan," ujar Dokter UGD Siloam Kebon Jeruk, dr.Cannes Nobel W., dalam temu media di Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Selasa 26 Juni 2018. 

Idealnya, lanjut Cannes, saat perdarahan terjadi cukup sediakan dua hal, yaitu kasa bersih dan kain yang cukup panjang. Keduanya berfungsi untuk menutupi dan menekan luka berdarah yang menganga.

Terluka di Malam Hari Bisa Lebih Lama Sembuh?

Memerban luka dengan kain kasa.

"Cukup luka berdarah dibalut dengan kasa bersih lalu tekan luka terbuka itu. Mungkin kalau ditekan terus akan jadi beban, makanya sediakan kain untuk menekan area tersebut," kata dia.

Mengenal Lebih Dekat Sargun Kaur Luthra, Bintang Series Hasrat Cinta Tayang di ANTV

Tak hanya itu, disarankan juga untuk tidak membuka-buka area luka yang sudah ditutup. Serta, tidak banyak menggerakkan area yang sedang mengalami perdarahan hebat tersebut.

"Lokasi yang berdarah ditinggikan dan jangan banyak gerakan. Tekan saja terus dan jangan dibuka-buka sambil dibawa ke rumah sakit untuk ditangani petugas medis," terangnya.
 

Bekas luka

Bekas Luka di Wajah Susah Hilang? Berikut 4 Cara Ampuh Mengatasinya

Bekas luka cepat hilang dengan bahan-bahan alami ini.

img_title
VIVA.co.id
3 September 2019