Kebiasaan Sebelum Menyikat Gigi Ini Ternyata Merugikan

Sikat gigi pakai pasta gigi
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA – Kebiasaan menyikat gigi setiap orang berbeda. Biasanya orang akan membasahi sikat giginya sebelum memoleskan pasta gigi. 

Mengenal Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Padahal ternyata menurut para ahli, membasahi sikat gigi sebelum meletakkan pasta gigi justru tidak dianjurkan.

Dokter gigi klinis, dr Raha Sepehrara menyarankan bahwa sebaiknya tidak membasahi sikat gigi sama sekali. Alasannya karena pasta gigi yang basah akan mengurangi efeknya.

Haruskah Gigi Gingsul Dihilangkan? Ini Kata Ahli

Dilansir Metro.co.uk, dr Raha mencatat bahwa jika ingin membasahi sikat gigi untuk membuat bulu lebih lembut, Anda mungkin harus menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut daripada membasahinya.

Lebih lanjut ia juga mengatakan bahwa sebaiknya jumlah air yang digunakan saat gigi disikat haruslah seminimal mungkin agar lebih efisien.

3 Pertolongan Pertama Gigi Berlubang, Mudah Banget!

Sementara itu untuk kegiatan berkumur, ia juga menyarankan untuk berkumur seminimal mungkin. Pasta gigi yang tersisa akan membantu melindungi gigi. Selain itu pilihlah pasta gigi yang baik dan minim perisa, pemanis, dan busa.

Ilustrasi gambar kopi.

Jangan Abai, Kebiasaan Ngopi Picu Gigi Kusam

Kopi, teh, cola, anggur, dan beberapa makanan bertepung seperti pasta atau kentang, dapat menyebabkan kondisi yang menyebabkan pewarnaan gigi.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2021