Tanpa Sadar, Kebiasaan Sehari-hari Ini Bikin Rambut Rontok

Rambut rontok
Sumber :
  • http://4.bp.blogspot.com

VIVA – Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang sering dialami pria maupun wanita. Bagi wanita, kerontokan rambut menjadi momok yang mengerikan. Mengingat rambut merupakan mahkota penunjang penampilan sehari-hari.

Sering Dilakukan, Ini Penyebab Kerusakan Rambut yang Tak Disadari

Salah satu penyebab paling umum bagi kerontokan adalah faktor genetik. Namun ternyata tidak hanya itu saja, faktor gaya hidup pun diketahui dapat mempengaruhi kerontokan rambut.

Menurut dr. Gloria Novelita, Sp.KK., gaya hidup yang menyumbang faktor kerontokan rambut yaitu mencakup kurangnya asupan nutrisi, penataan rambut, minim aktivitas fisik hingga stres.

Mengenal Transplantasi Rambut, dari Jenis hingga Bahayanya

"Di tengah kesibukan kita sering lupa menjaga asupan nutrisi, sama seperti halnya kulit. Jika rambut tidak ternutrisi dengan baik dapat menghambat sirkulasi darah sehingga pertumbuhan rambut akan terganggu," jelas dia saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 22 Februari 2018.

Untuk penataan gaya rambut yang dapat menyebabkan kerontokan adalah kebiasaan mengikat ranbut terlalu kencang sehingga menyebabkan tekanan berlebihan pada folikel rambut.

VIDEO: Obat Alami Ini Ampuh Atasi Diare Hingga Rambut Rontok

"Kebiasan ini sering dilakukan oleh kita perempuan karena menginginkan kepraktisan, tapi malah membuat rambut akhirnya mudah rontok," tambah dia.

Tidak hanya itu, wanita kini semakin dituntut untuk memiliki peranan yang lebih banyak dan beragam. Berbagai tekanan yang mereka temui akhirnya mengakibatkan stres berkelanjutan yang menyebabkan sejumlah besar bagian rambut yang sedang tumbuh mengalami siklus telogen atau fase istirahat yang tampak sebagai kerontokan.

"Jika tidak segera diatasi, rambut yang dalam siklus ini akan dengan mudah rontok saat kita menyisir atau mencucinya," terang dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya