Jangan Abaikan Wasir, Komplikasinya Bisa Berbahaya

Ilustrasi wasir.
Sumber :

VIVA – Hemoroid atau dalam masyarakat lebih dikenal dengan istilah wasir, merupakan suatu benjolan yang muncul di sekitar anus disertai rasa nyeri yang hebat. Kondisi ini bisa muncul akibat buang air besar (BAB) yang keras.

Wasir atau Ambien Menghambat Ibadah di Bulan Puasa? Ini Jawabannya

dr. Franky Mainza Zulkarnain, SpB, dokter spesialis bedah umum di Rumah Sakit Pondok Indah mengatakan, wasir dibagi menjadi dua jenis. Yaitu, hemoroid eksterna dan hemoroid interna.

Hemoroid eksterna merupakan hemoroid yang muncul di bagian luar anus. Sedangkan hemoroid interna muncul di bagian dalam.

Penggunaan Laser dan Radiofrekuensi dalam Terapi Wasir Dapat Pengakuan

Hemoroid interna terbagi ke dalam 4 stadium. Stadium 1 di mana belum muncul benjolan, stadium 2 muncul benjolan yang bisa secara spontan mengempis, stadium 3 benjolan bisa didorong masuk dengan jari, dan stadium 4 di mana benjolan sudah tidak bisa lari didorong secara manual.

Ilustrasi wasir.

Wasir Mengganggu? Segera Atasi dengan Penanganan yang Tepat

Meski wasir yang sering terjadi ringan, namun jika tidak ditangani wasir bisa menimbulkan komplikasi. Apalagi jika wasir terus menerus mengeluarkan darah yang bisa berakibat anemia.

"Perdarahan terus menerus bisa membuat tubuh kekurangan darah merah, akibatnya akan menimbulkan kelelahan dan kelamahan," ujar Franky kepada VIVA di Jakarta.

Komplikasi yang kedua adalah strangulasi hemoroid. Ini terjadi ketika suplai darah ke hemoroid interna terputus karena terjepit. Kondisi ini akan menyebabkan rasa sakit yang hebat dan menyebabkan kematian jaringan (gangren). (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya