Hal Sepele yang Bikin Kuku Mudah Rapuh, Nomor 3 Bikin Ngilu

Ilustrasi jari tangan
Sumber :
  • Pexels/Pixabay

VIVA – Kuku jari adalah bagian kecil di tubuh yang cenderung terlupakan. Padahal, banyak hal yang harus diperhatikan dengan baik terkait kesehatan kuku.

Bahaya Gelombang ke-3 COVID-19, Kolesterol Tinggi Terlihat dari Kuku

Kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan ternyata berkaitan dengan kesehatan kuku. Untuk membuat kuku tetap sehat, berikut deretan kebiasaan yang perlu dihindari dikutip dari laman Reader's Digest.

1. Menggunakan kuteks terlalu lama

Tanda Kolesterol Tinggi dan Jantung Bisa Terlihat dari Kuku

Memang tidak berbahaya menggunakan kuteks di kuku. Namun, terlalu lama digunakan dapat membuat pigmen dari kuteks menyatu dengan lapisan atas kuku dan membuatnya mengering. Maka, Anda bisa mengistirahatkan kuku dari pemakaian kuteks selama satu hingga dua minggu lamanya untuk kembali digunakan.

2. Tidak mencuci tangan dengan baik

Makanan Bikin Glowing Versi Zaidul Akbar, Kuku Berubah Tanda COVID-19

Meski mencuci tangan adalah hal yang pasti dilakukan, namun sudahkah Anda melibatkan jari saat proses tersebut? Membiarkan kuku tak tersentuh saat mencuci tangan dapat menjadi proses bakteri berkumpul di dalamnya hingga memicu infeksi. Sebaiknya, cuci jari Anda dengan sikat kuku bersih minimal satu kali sehari.

3. Memakai kuku sebagai alat

Sering menggunakan kuku untuk membuka kaleng soda atau makanan beku di kaleng? Atau mungkin kuku sering menjadi alat untuk mengambil sesuatu, mencopot tag harga, dan hal lainnya? Nah, jangan dilakukan lagi ya. Sebab, kuku bukan lah alat untuk melakukan hal-hal keras tersebut.

Garis putih pada kuku

4. Mencuci piring tanpa sarung tangan

Kuku yang terlalu lama di dalam air, memicu kuku menjadi rapuh dan membuat bantalannya melemah. Ditambah, detergen dari sabun cuci piring dapat membuat kulit dan kuku menjadi kering. Gunakan sarung tangan saat akan mencuci piring agar kuku dan kulit lebih aman.

5. Tidak konsumsi sayuran

Kuku Anda adalah refleksi dari makanan yang Anda makan. Jika Anda tidak mengonsumsi sayuran, jangan harap punya kuku sehat. Makanan yang tinggi akan zat besi yang ada di dalam telur, bayam, dan daging merah, akan menguatkan kuku. Untuk menambah kesehatan kuku, tambahkan dua sendok teh minyak flaxseed dalam sarapan Anda.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya