Bahaya, Bedak Tabur Bisa Picu Kanker Paru-paru

Bedak bayi.
Sumber :
  • http://cantiksehatgue.blogspot.co.id/

VIVA – Kanker paru adalah kondisi ketika sel-sel jaringan di paru-paru tumbuh dengan luar biasa cepat, sehingga menyebabkan terbentuknya tumor. 

Ada Kabar Baik untuk Pasien Kanker Paru-paru

Rokok adalah pemicu terbesar kanker paru. Namun, ada zat lain yang juga bisa memicunya. Beberapa orang percaya, bedak tabur yang terhirup napas bisa menyebabkan kanker paru. Benarkah demikian?

Dokter spesialis paru, Dr. Regina Harahap Sp. P membenarkan hal tersebut. Menurut dia, pemakaian bedak tabur jangka panjang dapat menyebabkan kanker paru.

Kombinasi Pengobatan Kanker Paru dengan Imunoterapi Janjikan Harapan Hidup Lebih Tinggi

"Itu benar, dan biasanya terjadi setelah pemakaian jangka panjang," ujarnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvOne Senin 19 Maret 2018.

Bedak baby.

Jadi Penyebab Kematian Tertinggi, Sekarang Skrining Kanker di Puskesmas Gratis

Ia mengatakan, meski dapat memicu kanker paru, namun tidak semua bedak tabur menyebabkan demikian. "Hanya yang mengandung mikrofiber asbes, itu yang tak bisa disaring tubuh, pemakaian dalam jangka panjang mampu mengendap dalam paru-paru juga sebabkan mutasi gen," ujarnya.

Tak hanya bedak tabur, penggunaan kosmetik seperti blush on dan shimmer juga menimbulkan potensi serupa.

"Kalau kandungan partikelnya  berukuran sekitar 5 mikron, itu masih bisa disaring tubuh secara alami, misalnya dari bulu-bulu hidung, jadi tak langsung ke paru-paru. Tapi kalau seperti mikrofiber asbes, ukurannya lebih kecil. Jadi sebaiknya hindari produk-produk dengan kandungan tersebut."

Pemakaian bedak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya