Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Asupan Sayur

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

VIVA – Konsumsi sayur mayur merupakan hal penting untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Banyak yang sebenarnya sudah mengonsumsi sayuran, namun tidak mencukupi porsi yang dibutuhkan tubuh.

Kurang Sayur dan Buah Juga Bisa Sebabkan Kematian

Faktanya, orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi lima jenis buah dan sayur per hari sesuai dengan usia, aktivitas fisik, jenis kelamin dan kesehatan keseluruhan tubuh. Berikut cara mengenali tanda saat tubuh belum memenuhi kecukupan sayur dan buah per harinya, dikutip dari laman Reader's Digest.

1. Kurang warna di piring

Cegah Katarak dengan Konsumsi Buah dan Sayur

Konsumsi daging dan nasi, memang terasa lezat. Namun, porsi piring memiliki warna yang tidak bervariasi dan malah membuat keseimbangan nutrisi menurun. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dari sayur dan buah melalui porsi makanan dalam piring yang berwarna warni.

2. Mudah terluka

Makan 10 Porsi Buah dan Sayur untuk Kurangi Kematian Dini

Kekurangan konsumsi vitamin C dapat menyebabkan tubuh mudah terluka, seperti berdarah di sekitar gusi dan sulit sembuh. Penuhi kebutuhan vitamin C dari kale, paprika, brokoli dan tomat.

3. Lelah sepanjang hari

Defisiensi folat dapat memicu rasa lelah berlebih dan anemia. Vitamin B menjadi kunci dari kondisi ini yang bisa didapatkan dari sayuran hijau, asparagus, dan lentil.

Ilustrasi kelelahan

4. Sulit sembuh dari flu

Kekurangan sayuran membuat asupan vitamin tidak terpenuhi, sehingga tubuh akan kesulitan melawan radikal bebas yang berasal dari virus. Maka, konsumsi sayuran yang mencukupi dapat memberikan imun sistem yang mencukupi dan membuat proses penyembuhan flu lebih cepat.

5. Sering lupa

Terlalu sering lupa merupakan tanda-tanda usia yang semakin lanjut. Namun, saat usia masih tergolong muda dan sering lupa, waspada otak kekurangan kemampuannya untuk berpikir dan mengingat. Penuhi kebutuhan otak dengan sayuran seperti tomat, jagung, sayuran hijau, wortel, dan brokoli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya