Cara Mudah Deteksi Dini Mata Kering

Ilustrasi mata.
Sumber :
  • pixabay/Twnynina

VIVA – Kondisi mata kering seringkali hadir tanpa gejala yang pasti. Meski begitu, hal tersebut bukan berarti tak bisa dideteksi sejak dini.

Bukan Cuma Kulit, Mata Juga Harus Dirawat saat Cuaca Panas Ekstrem, Begini Caranya

Mata yang kering biasanya membuat seseorang kesulitan menjalankan aktivitasnya. Padahal, cara mendeteksi kondisi mata kering, bukanlah hal yang sulit.

"Bisa dideteksi di rumah dengan cara mudah. Caranya, Ambil kertas koran, lalu tatap huruf di situ, tanpa kedip mata selama 10 detik. Jika mata perih dan berair, mulai ada tanda mata kering," ujar Dokter Spesialis Mata RS Mata JEC, dr. Nina Asrini Noor SpM., kepada VIVA di Jakarta. 

Bahaya Sindrom Mata Kering, Dokter Ungkap Akibatnya Jika Tak Diatasi

Ilustrasi mata merah.

Jika sebelum 10 detik dan mata sudah terasa berair serta perih, maka sudah bisa disimpulkan bahwa air mata sedang mengalami penguapan secara abnormal. Cara mendeteksi ini, dikatakan Nina, bisa dilakukan setiap tiga bulan sekali atau saat pekerjaan sedang terlalu banyak.

Tren Kacamata Blue Light Filter, Ampuh Cegah Mata Kering saat WFH

"Jenis pekerjaan yang terbilang banyak dikaitkan dengan durasi penggunaan gawai. Kalau durasi penggunaan gawai terlalu lama dan berlebihan, sebaiknya segera lakukan deteksi dini tersebut atau bisa juga dicegah sejak awal," kata dia.

Jenis pencegahan yang dimaksudkan yaitu dengan mengistirahatkan mata dari pekerjaan yang berkaitan dengan gawai. Sebaiknya, istirahatkan mata selama 10 sampai 20 menit dalam rentang waktu satu jam.

"Istirahatkan mata setiap 1 jam sekali dalam rentang 10 sampai 20 menit. Bisa juga seperti ini, semakin lama kerjanya maka makin lama mata diistirahatkan," terangnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya