Punya Bakat Gemuk? Lakukan 3 Tips Ini Biar Enggak Obesitas

Ilustrasi wanita gemuk.
Sumber :
  • Pixabay/renepfister

VIVA – Kita sering mendengar stereotip bahwa kegemukan disebabkan oleh faktor genetik. Gen memengaruhi setiap aspek perkembangan manusia, termasuk bentuk fisik, dan tidak terkecuali obesitas.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Dilansir dari laman The Health Site, penelitian dari Harvard School of Public Health menemukan, obesitas tidak hanya dipengaruhi oleh genetik, tapi juga gaya hidup. Kedua faktor ini memicu seseorang lebih rentan terhadap obesitas dibandingkan mereka yang tidak memiliki genetik obesitas.

Studi tahun 2014 menemukan hasil yang sama, yaitu orang yang memiliki bakat gemuk dan senang mengonsumsi makanan berminyak, maka ia lebih berpotensi mengalami kegemukan.

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

Gen tertentu terbukti memiliki mutasi sel yang membuat nafsu makan menjadi lebih besar dibandingkan gen lainnya. Maka, mereka yang memiliki predisposisi genetik itu disarankan mulai merubah gaya hidupnya agar tidak mudah obesitas.

Berikut gaya hidup sederhana yang bisa dilakukan bagi gen pembawa obesitas, supaya meminimalkan risiko kegemukan.

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

1. Rutin berjalan santai

Jika Anda bergerak lebih banyak, tubuh akan lebih sehat. Coba untuk berjalan selama 10 menit di pagi hari sebelum bekerja, dan 10 menit saat istirahat makan siang. Lalu, tak lupa untuk berjalan lagi selama 10 menit usai makan malam.

2. Pola makan

Tingkatkan asupan makan Anda dengan jenis makanan sehat. Penuhi porsi piring makan Anda dengan setengah dari sayur dan buah.

3. Tidur cukup

Jika Anda tidur cukup di malam hari, Anda akan merasa lebih berenergi selama seharian beraktivitas. Hal itu membantu tubuh tetap aktif bergerak. Selain itu, studi juga menemukan bahwa kurang tidur berkaitan dengan perubahan hormon yang memicu peningkatan berat badan. (ch)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya