Biar Enggak Digigit Nyamuk: Konsumsi Bawang Putih

Gigitan nyamuk.
Sumber :
  • Pixabay/Nuzree

VIVA – Nyamuk dianggap hewan paling menganggu dan menyebalkan. Tak hanya mengganggu ketenangan karena gigitannya, nyamuk pun sangat berbahaya karena beberapa jenis nyamuk bisa jadi membawa penyakit berbahaya akibat gigitannya.

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

Untuk itu, agar terhindar dari gigitan nyamuk, seringkali banyak orang menggunakan semprotan nyamuk atau bahkan menggunakan lotion anti nyamuk. Namun, penggunaan semprotan dan lotion diakui oleh para ahli berbahaya untuk kesehatan. Dan sebagai gantinya, banyak orang disarankan untuk menggunakan cara-cara alami agar nyamuk menjauh dan tak menggigit.

Sejumlah orang pun meyakini, rajin mengonsumsi bawang putih bisa menghindarkan tubuh dari gigitan nyamuk. Mitos atau fakta?

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Mengenai hal ini, Spesialis Penyakit Dalam, Dr Adityo Susilo, SpPD, KPTI, FINASM, mengatakan hal tersebut merupakan fakta.

"Menghindarkan kita dari gigitan nyamuk dengan bawang putih, ini fakta. Karena sudah banyak studi yang menunjukkan bahwa senyawa yang ada di dalam bawang putih tidak disukai oleh nyamuk," katanya saat tampil di acara AYO HIDUP SEHAT di tvOne, Senin, 27 Agustus 2018.

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

Adityo juga mengatakan, nyamuk cenderung suka mengisap darah seseorang dengan aroma tubuh tertentu. "Dan orang yang suka mengonsumsi bawang putih memiliki darah yang tak disukai nyamuk," ujarnya lagi.

Presiden Jokowi saat berkunjung ke Pasar Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah.

Harga Bawang Putih Rp 60 Ribu di Sulteng, Jokowi: Ini yang Agak Mahal, tapi Secara Umum Baik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemukan harga komoditas bawang putih mengalami kenaikan menjadi Rp 60.000 per kilogram (kg).

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024