Kulit Merah dan Perih saat Siang Hari, Waspada Alergi Sinar Matahari

Ilustrasi terkena sinar matahari.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kulit yang terasa seperti melepuh, merah, dan perih saat disentuh mungkin dianggap sebagai tanda dari kulit terbakar matahari. Namun, tahukah Kamu kalau bagi sebagian orang gejala tersebut dapat muncul sebagai reaksi dari alergi terhadap sinar matahari? Apakah alergi ini benar-benar ada?

Pentingnya Pakai Sunscreen Sejak Usia Remaja, Cegah Penuaan Hingga Kanker Kulit

Dikutip dari WebMD, alergi matahari merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan fotosensitivitas, yaitu kondisi ruam kemerahan pada kulit, sebagai reaksi berlebihan setelah terpapar atau terkena sinar matahari.

Disebutkan dalam laman drugs, belum diketahui jelas alasan tubuh dapat mengembangkan reaksi ini, Gengs. Namun, alergi umumnya terjadi akibat sistem kekebalan tubuh menganggap paparan sinar matahari sebagai benda asing yang berbahaya.

Hujan Bikin Galau dan Cemas? Ini Alasan Ilmiahnya!

Tanda-tanda alergi sinar matahari dapat bervariasi, tetapi pada umumnya akan timbul kulit kemerahan, kulit terasa gatal atau sakit, melepuh, terkadang mengeras, hingga berdarah.

BACA SELENGKAPNYA

Produk Ini 'Tahan Banting' tapi Ramah Lingkungan
Ilustrasi memakai sunscreen

Hindari Kanker Kulit, Ini Pentingnya Re-Apply Sunscreen

Nah, apakah kamu tahu bahwa pengolesan ulang atau reapply sunscreen juga sama pentingnya? Yuk simak penjelasan dan bagaimana cara mengaplikasikannya di artikel berikut!

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024