Hati-hati, 'Baper' Bisa Bikin Cepat Sakit Jantung

Video gelombang detak jantung.
Sumber :
  • Instagram/fyifact

VIVA – Fibrilasi Atrial merupakan salah satu penyakit jantung berupa kelainan irama pada organ jantung. FA ditandai dengan adanya detak jantung yang tidak regular (normal).

Menjaga Kesehatan Jantung: Kunci untuk Hidup yang Lebih Panjang dan Lebih Sehat

Banyak hal yang bisa memicu penyakit jantung jenis ini seperti adanya hipertensi atau tekanan darah yang cukup tinggi pada tubuh. Penyakit jantung koroner (PJK) serta kondisi penyakit paru-paru yang kronis, turut menjadi faktor risiko terbesar pada kondisi FA.

"Genetik juga ada kaitannya dengan pemicu penyakit ini. Tapi, hipertensi dan PJK memiliki kemaknaan kuat untuk menimbulkan FA," ujar spesialis jantung paru, dr. Faris Basalamah SpJP(K), kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Lagi Emosi Makan Banyak, Hati-hati Jantungan

Sementara itu, baper atau bawa perasaan, kata Faris, ternyata cukup memiliki makna dalam menimbulkan FA. Baper yang bisa memicu rasa stres, dikaitkan dengan timbulnya detak jantung tak normal.

"Stres bisa memicu tapi harus ada faktor pemicu lain. Seperti stres disertai pembengkakkan atrium jantung karena hipertensi, terpicu jadi timbulnya FA," kata dia.

Peringati Hari Kesehatan Nasional, Seminar Kardiologi Digelar Bahas Seputar Gangguan Jantung

Meski begitu, jika hanya penyebab tunggal atau stres dan baper saja, Faris mengatakan belum ada penelitian terkait timbulnya FA. Kemungkinannya juga sangat kecil. Sama halnya dengan jenis pekerjaan yang sangat rendah risikonya dalam memicu kondisi FA.

"Stres saja dan tidak ada kelainan lain, kemungkinan timbul FA, kecil. Sama seperti Pekerjaan tertentu yang belum ada penelitian mengenai keterkaitannya dengan risiko tinggi FA," tuturnya.

Ilustrasi detak jantung.

7 Hal Sederhana Namun Sering Diabaikan untuk Menjaga Jantung Tetap Sehat

Kesehatan jantung juga melibatkan aspek gaya hidup seperti pola makan yang sehat, olahraga teratur, manajemen stres, dan kebiasaan hidup lainnya dapat memengaruhi risiko.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024