Telat Makan Bikin Ngantuk? Ini Sebabnya

Ilustrasi sakit.
Sumber :
  • Pexel

VIVA – Pernah merasa tubuh mulai mengantuk di saat tidak sarapan pagi? Ya, hal itu kerap kali terjadi saat Anda tidak sarapan pagi atau bahkan terlambat makan di waktu siang.

dr Zaidul Akbar: Maag Itu Bukan Karena Telat Makan

Mengantuk merupakan salah satu tanda bahwa tubuh mengalami kekurangan gula darah, khususnya di area otak. Sehingga saat tubuh tidak mengonsumsi makanan di waktu yang semestinya, otak kekurangan energi untuk bekerja.

"Karbohidrat akan jadi gula darah yang merupakan sumber energi tubuh dan otak. Kalau tidak makan nasi atau sumber karbohidrat lain, otak tidak dapat glukosa dan jadi ngantuk," ujar Pakar Nutrisi dan Guru Besar IPB Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS, di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu sore 3 Oktober 2018.

Awas Telat Makan Bisa Mengundang Risiko Bahaya Ini

Adapun jika mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan, turut memicu rasa kantuk. Hal ini terjadi karena energi berpindah ke bagian perut sehingga otak menjadi sulit fokus.

"Gula berlebihan juga tidak baik. Karena membuat rasa lapar tidak direm sehingga memicu kegemukan," kata dia.

Awas, Telat Makan Malam Picu Berbagai Masalah Kesehatan

Ilustrasi gula.

Ia menekankan, pola hidup sehat sejak dini akan memengaruhi tumbuh kembang anak, bahkan kualitas hidup mereka ketika dewasa. Sebagai contoh, anak yang telah terbiasa menerapkan pola makan sehat pada saat dewasa akan memiliki risiko lebih rendah terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti obesitas, hipertensi, stroke, diabetes, dan serangan jantung.

"Oleh karenanya penting bagi orang tua untuk senantiasa memperhatikan asupan anak dan menyediakan gizi yang seimbang. Tidak kekurangan dan kelebihan gula," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya