Ampuhkah Obat Herbal Atasi Kanker?

Ilustrasi Ramuan Obat Herbal
Sumber :
  • Pixabay/ condesign

VIVA – Peredaran obat herbal dapat ditemui di mana saja. Banyak masyarakat yang percaya bahwa obat herbal ampuh atasi berbagai macam penyakit, hingga kanker sekali pun.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Kanker merupakan kondisi di mana sel normal dalam tubuh berubah menjadi sel yang abnormal dan bisa menggerogoti sel yang sehat. Pengobatan pada kanker biasanya menggunakan kemoterapi.

Namun, tak sedikit masyarakat yang mengaku bahwa obat herbal bisa mengobati sel kanker yang ada di tubuhnya. Benarkah kanker bisa diobati dengan obat herbal?

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

"Memang pernah ada kasus kanker di bagian tangannya mengecil setelah konsumsi obat herbal, tapi nyatanya sel kanker sudah menyebar ke organ lain seperti paru. Obat herbal secara lokal bagus, tapi kanker itu ganas dan menyebar dengan cepat," ujar Spesialis anak RS Kanker Dharmais, dr. Edi Setiawan, Sp.A(K), MHA, kepada VIVA beberapa waktu lalu.

Dokter Edi menegaskan bahwa keganasan kanker hanya bisa dicapai oleh kemoterapi. Sebab, terapi tersebut mampu menjangkau bagian sel-sel abnormal di tubuh yang tidak bisa dikenali oleh jenis obat lainnya.

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

"Obat kemo ini kerjanya mengejar sel kanker di tubuh, dia tahu yang mana targetnya. Belum ada obat lain yang bekerja seperti itu," ungkap dia.

Adapun opini lain yang berkembang di masyarakat bahwa kombinasi pemakaian kemoterapi dan obat herbal bisa lebih ampuh untuk obati kanker. Nyatanya, belum ada penelitian yang menemukan khasiat dari kedua kombinasi tersebut.

"Takutnya ada interaksi dari obat herbal ke efek kemoterapi. Dikhawatirkan malah nanti kambuh kankernya," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya