Anda Sering Lupa? Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi lupa
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Anda tentu pernah lupa, entah itu lupa meletakkan sesuatu, janji, ataupun hal-hal lainnya berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Namun, pernahkah Anda bertanya, sebenarnya kenapa bisa tiba-tiba lupa?  

Studi: Lewatkan Sarapan Meningkatan Risiko Demensia Empat Kali Lipat

“Meski lupa sering kali dikaitkan dengan faktor usia, namun lupa sebenarnya dapat terjadi pada semua orang, dari yang muda hingga yang tua,” ujar dr. Adam Gazzaley, Ph.D, yang merupakan pendiri Neuroscience Imaging Center di University of California, Amerika Serikat, seperti dilansir dari WebMD.

Otak merupakan rangkaian jaringan yang terbagi menjadi beberapa area dan saling berkomunikasi satu sama lain.

Kenali Gejala Kekurangan Vitamin B12, Mirip dengan Demensia

“Saat kamu mencoba untuk mengingat sesuatu, otak akan membentuk sebuah jaringan baru. Masalah pada memori seperti lupa terjadi, saat ada jeda pada jaringan tersebut,” ujar Adam.

Lalu, apa sih yang menyebabkan jeda tersebut? Intervensi akan mengganggu kemampuan Anda untuk fokus. Intervensi ini dapat berupa apapun, mulai dari dering telepon hingga obrolan atau pikiran Anda sendiri.

10 Cara Tingkatkan Daya Ingat Otak dan Kecerdasan Berpikir

Pelupa? Kira-kira Apa Penyebabnya?

Ilustrasi pria stres atau marah.

12 Gejala ADHD yang Sering Tak Disadari pada Orang Dewasa

Gangguan hiperaktivitas dan kurang perhatian atau untreated attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) yang tak diobati dapat mengganggu keseharian berikut gejalanya

img_title
VIVA.co.id
24 November 2023