Bahaya Tersembunyi pada Rebusan Pembalut Wanita

Ilustrasi pembalut
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lutfi

VIVA – Baru-baru ini sempat heboh kabar penggunaan minuman dari pembalut bekas oleh remaja untuk mendapatkan sensasi mabuk. Temuan itu berhasil diungkap oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah.

Jangan Malas, Olahraga Bisa Jaga Kesehatan Jantung Hingga Turunkan Risiko Kanker Lho!

Menurut BNN remaja yang menggunakan air pembalut wanita untuk mabuk rela mengais di tempat sampah agar mendapat pembalut bekas untuk direbus. Tapi lambat laun tren tersebut berubah. Kebanyakan remaja mulai jijik menggunakan pembalut bekas, dan memilih pembalut baru.

Hal yang dipertanyakan kemudian, ialah apa sebenarnya kandungan pembalut yang bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan?

Patterns of Hope, Acara Kemanusiaan dari Generasi Muda Jakarta

Terkait dengan kandungan bahan kimia dalam pembalut sebenarnya telah lama diperdebatkan secara luas. Banyak pengguna yang  mempertanyakan keamanan bahan kimia tertentu yang digunakan dalam pembuatannya, serta masalah lingkungan dari pembuangan mereka.

Karena faktor risiko potensial, beberapa wanita memilih pembalut organik sebagai alternatif dan yang lain telah memutuskan untuk menggunakan pembalut yang dapat digunakan kembali.

Cegah Kontaminasi Bromat Berlebih pada Air Minum, Pemerintah Diminta Proaktif

Dilansir dari Livestrong, sebuah RUU yang diperkenalkan di Kongres Maret 1999 oleh Perwakilan Carolyn Maloney dari Distrik 14 New York - Undang-undang Keselamatan dan Penelitian Tampon tahun 1999 (HR 890), mencatat bahwa “dioxin adalah produk sampingan dari proses pemutihan yang digunakan dalam pembuatan produk kertas, termasuk tampon, pembalut, panty liners dan popok.

HR 890 lebih lanjut menunjukkan bahwa efek dioxin bersifat kumulatif dan bahan kimia itu dapat tetap berada di dalam tubuh selama 20 tahun setelah terpapar.

Organisasi Kesehatan Dunia mencantumkan dioxin sebagai salah satu dari sekelompok bahan kimia berbahaya yang dikenal sebagai polutan organik yang persisten. Dioxin adalah karsinogen manusia yang dikenal.

Agen Perlindungan Lingkungan telah mempelajari dioxin, dan mengindikasikan bahwa masalah terbesar dengan dioxin adalah dari makanan, bukan tampon atau pembalut. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh EPA pada tahun 2002 menyatakan bahwa paparan dioxin dari produk sanitari "tidak secara signifikan berkontribusi terhadap paparan dioxin di Amerika Serikat."

Selain itu, kerabat dekat dioxin, furan, juga ditemukan dalam produk-produk kertas yang diputihkan, termasuk pembalut, popok dan tampon. Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Penelitian Tekstil pada 2007 mengekstraksi bahan kimia yang ditemukan di pembalut dan tampon di seluruh dunia. Hasil yang didapat bervariasi di antara produk, okkhlorinated dioxin (OCDD), hexachlorodibenzofuran (HxCDF) dan octa-chlorodibenzofuran (OCDF) terdeteksi. Ini semua adalah zat beracun yang dilarang.

Lebih lanjut, Institute of Health, juga diminta untuk meneliti risiko kesehatan pada wanita — termasuk endometriosis dan kanker payudara, ovarium, dan leher rahim — dari keberadaan dioksin, serat sintetis, dan zat tambahan lainnya dalam produk feminin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya