Wajib Tahu, 4 Manfaat Baik Probiotik

Ilustrasi Yoghurt. Bakteri probiotik biasanya terdapat dalam yoghurt.
Sumber :
  • Pixabay/ ponce_photography

VIVA – Sudah tidak diragukan lagi bahwa tumbuh kembang optimal dan kebahagiaan anak merupakan prioritas bagi para orangtua, baik dari segi stimulasi maupun asupan nutrisi. Agar penyerapan nutrisi ke dalam tubuh dapat bekerja dengan baik, kondisi saluran cerna tentu saja harus optimal dan sehat.

dr Zaidul Akbar: Usahakan Ada 5 Hal Ini dalam Makanan Kita Tiap Hari

Kesehatan saluran cerna itu sendiri sangat bergantung pada kesehatan mikrobiota usus, di mana mikrobiota usus yang sehat ditunjukkan oleh jumlah bakteri baik (probiotik) yang lebih dominan dibandingkan jumlah bakteri jahat (patogen).

Salah satu upaya yang cukup mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan saluran, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik.

5 Cara Alami Bikin Kulit Glowing Hingga Cegah Penuaan Dini

Berikut deretan fakta probiotik yang wajib diketahui masyarakat, dikutip dari siaran pers Nestle yang diterima VIVA, Kamis, 29 November 2018.

Yogurt.

Anak Susah Makan, Begini Cara Mengatasinya

1. Mikrobiota tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saluran cerna, tetapi juga memiliki peran penting bagi tubuh karena dapat memengaruhi kesehatan kita.

Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik dapat membantu peningkatan jumlah bakteri baik di dalam saluran cerna sehingga kesehatan saluran cerna lebih terjaga.

2. Para orangtua harus memahami tentang mikroorganisme hidup yang disebut probiotik, yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, akan bermanfaat untuk kesehatan.

Probiotik dapat membantu mempertahankan atau memperbaiki fungsi dan struktur saluran cerna sehingga dapat berfungsi optimal untuk penyerapan nutrisi dari makanan yang telah dicerna.

3. Harus diketahui bahwa tidak semua jenis probiotik sama. Beberapa jenis yang banyak diteliti dan terbukti klinis memberikan manfaat bagi kesehatan adalah Lactobacillus reuteri, Lactobacillus rhamnosus dan Bifidobacterium lactis.

Probiotik terdapat secara alami dalam beberapa makanan atau ditambahkan dalam makanan dan susu pertumbuhan dengan tujuan untuk membantu kecukupan bakteri baik dalam tubuh dan mendukung daya tahan tubuh.

4. Probiotik bermanfaat untuk kesehatan saluran cerna pada bayi dan anak-anak, probiotik jenis tersebut juga memainkan peran mendasar untuk mendukung empat pilar perkembangan anak. Meliputi sistem daya tahan tubuh yang kuat, perkembangan otak dan pertumbuhan fisik yang optimal, sehingga mereka bisa tumbuh dengan lebih bahagia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya