Studi: Rajin Sauna Ternyata Baik Bagi Kesehatan Jantung

Ilustrasi Sauna
Sumber :
  • Pixabay/Rita_Bernardhi

VIVA – Menghabiskan waktu di sauna, terutama bagi mereka yang berusia lanjut, ternyata tak hanya membuat seseorang lebih tenang melainkan juga baik untuk jantung. 

7 Hal Sederhana Namun Sering Diabaikan untuk Menjaga Jantung Tetap Sehat

Hal ini terungkap berdasarkan sebuah penelitian dari Finlandia yang menyebut bahwa orang yang berusia 50 tahun atau lebih yang rajin ke sauna memiliki peluang rendah terkena penyakit jantung.

Tentu saja tidak semata-mata rajin ke sauna bisa hindarkan seseorang dari sakit jantung, dalam hal ini faktor gaya hidup dan pola makan juga berpengaruh penting. Namun, Kepala Kardiolog Universitas Eastern Finland, Dr Jari Laukkanen menyebut ada bahwa sauna memiliki korelasi dengan menurunnya faktor risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular. 

Menjaga Kesehatan Jantung: Kunci untuk Hidup yang Lebih Panjang dan Lebih Sehat

"Tim peneliti kami telah menunjukkan dalam studi sebelumnya bahwa sering sauna dikaitkan dengan tekanan darah yang lebih rendah," katanya seperti dilansir dari Health24

Selain itu, penggunaan sauna diketahui memicu peningkatan denyut jantung yang sama dengan yang terlihat dalam latihan fisik berintensitas rendah hingga sedang.

Lagi Emosi Makan Banyak, Hati-hati Jantungan

Seorang pakar di Amerika yang memeriksa temuan tersebut setuju bahwa hawa panas bisa menjadi terapi bagi tubuh manusia, tetapi pengalaman sauna di Finlandia mungkin sedikit berbeda dengan di Amerika.

"Manfaatnya bisa dirasakan pada individu yang pergi ke sauna selama 4 sampai 7 kali perbulan, dan frekuensi ini jarang dicapai oleh orang Amerika," kata Dr Cindy Grines, kepala kardiologi di Long Island Jewish Medical Center di New Hyde Park. 

Sementara itu,Kepala layanan gagal jantung di Long Island Jewish Valley Stream Hospital di Valley Stream, New York, Dr David Friedman mengatakan bahwa sulit untuk menarik kesimpulan kuat dari penelitian. Tetapi temuan yang menggunakan sauna bisa menjadi strategi tambahan yang membantu untuk kesehatan jantung, bersama dengan diet yang lebih baik dan lebih banyak olahraga. (hd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya