Waspada, 3 Faktor Ini Bisa Picu Menurunnya Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi flu berat.
Sumber :
  • Pixabay/ gfhjkm123

VIVA – Banyak faktor yang menyebabkan sistem imun atau kekebalan tubuh menurun. Jika kekebalan tubuh menurun, maka penyakit akan mudah datang.

Kenali Manfaat dan Pentingnya Imunisasi Lengkap untuk Anak

Ada beberapa faktor yang dapat memicu menurunnya kekebalan tubuh seseorang. Ketiga faktor itu, yakni cuaca, polusi dan bekerja di ruangan tertutup.

"Pertama perubahan cuaca yang saat ini tak menentu (hujan dan panas). Polusi menjadi momok kedua sistem kekebalan tubuh menurun dan jika berada di ruangan ber-AC," kata dr. Suci Sutinah Suksmasari, Regional Medical Team of Redoxon di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 19 Januari 2019.

Daun Pepaya vs Kanker: Senjata Rahasia Alam Melawan Penyakit Ganas

Seperti diketahui, sistem imun sendiri bekerja selama 24 jam, dan jika sistem imun tubuh tak terjaga dengan baik maka beberapa penyakit akan datang. Untuk menjaga dan meningkatkan stamina tubuh, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan. Misalnya, mengonsumsi makanan sehat secara teratur dan olahraga.

"Ketiga faktor tersebut yang dapat menyebabkan menurunnya sistem imun juga bisa dicegah dengan mengonsumsi vitamin C di dalam tubuh. Vitamin C itu superantioksidan, di mana dapat membantu sistem ketahanan tubuh," ujar dia.

Mengungkap 5 Manfaat Tak Terduga dari Bawang Putih, Bisa Cegah Potensi Kanker

Suci mengatakan bahwa vitamin C baik untuk tubuh jika rutin dikonsumsi secara berkelanjutan. Namun, jika sistem tubuh tak bagus, maka akan menyebabkan infeksi saluran pernapasan atau flu. Dan jika di sekitar banyak virus flu maka kita akan mudah tertular.

"Dalam satu air liur itu terdapat 10-15 juta bakteri. Walaupun kita sudah tutup dengan masker untuk menghindari ketiga hal tersebut pasti ada percikan atau partikel yang masuk, sehingga fungsi dari vitamin C bagus untuk memberikan perisai dalam menjaga perlindungan tubuh agar tetap sehat," tutur dia.

Maka dari itu, kata dia, tubuh sangat memerlukan asupan vitamin C di setiap awal aktivitas. Hal itu untuk menjaga stamina tubuh agar tetap bugar dan sehat sepanjang hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya