4 Manfaat Sehat Berciuman dengan Pasangan

Ilustrasi pasangan
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Berciuman dengan orang yang dicintai, merupakan salah satu bentuk ungkapan perasaan. Tak hanya itu, berciuman juga diyakini bisa menguatkan ikatan satu sama lain. Selama ini, banyak juga orang yang percaya bahwa dengan berciuman, mereka telah mendapatkan manfaat kesehatan.

3 Cara Bikin Pasangan Happy di atas Ranjang dan Gak Bosen Sama Kamu

Apa saja sih, manfaat sehat dari berciuman? Dilansir Your Tango, berikut empat manfaat berciuman:

Membakar kalori

15 Kali Adegan Ciuman di Film, Reza Rahadian Ngaku Paling Enak sama BCL

Meski tak sebanyak saat lari, tetapi berciuman mendorong metabolisme dua kali lebih banyak dibanding biasanya. Sebagian besar orang membakar kalori sekitar satu kalori per menit, saat istirahat. Menurut Dr.Sharon Stills, naturophathic physician, berciuman membakar sekitar 2-3 kalori per menit.

Melawan penyakit

Timothee Chalamet dan Kylie Jenner Ciuman Mesra di Golden Globes 2024

Penelitian dari jurnal Medical Hypotheses pada 2009, menandakan bahwa wanita membangun daya tahan melawan cytomegalovirus dengan mencium pasangan yang terinfeksi.

Studi lainnya dari Wilkes University pada 2004, menemukan bahwa partisipan yang berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki level lebih tinggi untuk melawan infeksi antibody immuniglobulin. Jadi, jika ingin melewati flu, waktunya berciuman.

Menurunkan kolesterol

Menurut studi pada 2009, di Western Journal of Communication, berciuman memiliki efek positif pada kolesterol seseorang.

"Kami menganalisa bahwa meningkatnya perilaku penuh kasih sayang akan memengaruhi peningkatan kondisi secara fisik dan psikologi dikenal diperburuk oleh stres, seperti kolesterol.”

Setelah enam minggu pengujian, kelompok yang diuji menunjukkan peningkatan dalam menerima stres, kepuasan hubungan dan jumlah serum kolesterol.

Menurunkan stres

Dr.Stills menemukan bahwa "berciuman menurunkan tingkat kortisol. Kortisol adalah hormon stres dan itu memiliki efek negatif pada sistem imun, sistem endokrin dan kesehatan otak, terutama hippocampus."

Jadi, jika ingin menurunkan stres dan mengurangi efek negatifnya cukup mudah dengan mencium pasangan sesering mungkin. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya