Push Up Bisa Jadi Cara Efektif Ukur Risiko Penyakit Jantung

Ilustrasi push up
Sumber :
  • Pixabay/keifit

VIVA – Semua tentu tahu bahwa olahraga baik untuk kesehatan, tidak terkecuali dengan push-up. Gerakan ini biasanya difungsikan untuk mengencangkan otot lengan dan juga bagian perut. Tapi sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa push-up juga bisa menjadi indikator untuk penyakit jantung. 

Cycling Series Il Festino 2024 Sukses Bangkitkan Ekosistem Berpeseda di Indonesia

Studi itu menyebut, pria paruh baya yang mampu melakukan push-up 40 kali atau lebih memiliki risiko masalah jantung yang jauh lebih rendah. Diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open, studi ini melacak kesehatan 1.104 petugas pemadam kebakaran dari 10 departemen pemadam kebakaran Indiana selama periode 10 tahun. 

Dilansir NYpost, para peserta secara berkala menjalani evaluasi kebugaran fisik, seperti menguji berapa banyak push-up yang bisa mereka lakukan. Sejarah medis petugas pemadam kebakaran juga dicatat, terutama untuk mengawasi kejadian kardiovaskular, seperti serangan jantung atau gagal jantung.

Bukan Jadi Penyanyi Dangdut, Cita-cita Jirayut Ternyata Mendambakan Pekerjaan Ini

Para peneliti menemukan bahwa pria yang bisa melakukan 40 kali push-up atau lebih memiliki lebih sedikit kejadian kardiovaskular daripada mereka yang hanya bisa melakukan 10. Bahkan, mereka yang bisa melakukan lebih dari 40 memiliki pengurangan 96 persen masalah jantung dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang kurang fit.

Periode penelitian berlangsung selama satu dekade dan dilaporkan ada 37 penyakit terkait kardiovaskular.

Buka Festival Permainan dan Olahraga Tradisional Jabar 2024, Herman: Asah Intuisi Anak

"Temuan kami memberikan bukti bahwa kapasitas push-up bisa menjadi metode yang mudah dan tanpa biaya untuk membantu menilai risiko penyakit kardiovaskular di hampir semua situasi," kata penulis studi dr Justin Yang, di Departemen Kesehatan Lingkungan Harvard.

Anehnya, kapasitas push-up lebih kuat terkait dengan risiko penyakit kardiovaskular daripada hasil tes treadmill submaksimal. (tsy)

Pose Wulan Guritno

Masih Oke di Usia 43 Tahun, Wulan Guritno: Aku Jaga Penampilan Bukan Karena Ingin Cantik

Meski sudah memasuki usia 43 tahun, Wulan Guritno masih memiliki bentuk tubuh yang proporsional. Sang aktris mengaku dirinya sangat menjaga pola hidup dengan olahraga.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024