Main Gadget Saat Makan Bikin Gemuk, Mengapa?

ilustrasi wanita dan gadget.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Dengan beragam kemudahan teknologi yang ditawarkan, kini banyak orang semakin kecanduan dengan gadget. Beberapa bahkan seolah tidak bisa lepas dari ponsel pintarnya. Tapi tahukah Anda bahwa menggunakan ponsel saat makan justru makin membuat gemuk?

Kecanduan Gadget Adalah Gangguan Mental Serius, Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Physiology and Behavior menemukan bahwa orang yang makan sambil menatap smartphone mereka mengonsumsi lebih banyak kalori daripada mereka yang fokus pada makanan mereka.

Sebagai bagian dari studi, 62 relawan berusia antara 18 dan 28 tahun disajikan berbagai pilihan makanan, mulai dari buah-buahan hingga makanan cepat saji, seperti permen dan soda.

Pandemi Picu Anak Kecanduan Gadget, Perhatikan 3 Tanda Ini

Hasilnya, mereka yang bermain ponsel saat makan, melahap 535 kalori lebih banyak dibandingkan mereka yang fokus makan tanpa bermain ponsel. Demikian dilansir dari New York Post, Rabu, 27 Februari 2019.

Pengguna ponsel juga mengonsumsi 10 persen lebih banyak makanan berlemak daripada mereka yang makan tanpa bermain ponsel.

Wow, Amanda Manopo Tahu Banget Kebiasaan Makan Arya Saloka

"Tablet dan ponsel pintar telah menjadi 'pengalih perhatian' utama saat makan. Bahkan di awal masa kanak-kanak, jadi penting untuk memperhatikan bagaimana ini dapat memengaruhi pilihan makanan," kata Márcio Gilberto Zangeronimo, seorang peneliti di Federal University of Lavras, Brasil.

"Pengalihan perhatian mencegah otak memahami jumlah makanan yang dicerna dengan benar," ucapnya.

Sebuah studi pada Januari 2018 juga menemukan bahwa sepertiga orang Amerika tidak bisa makan tanpa ponsel mereka. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya