Tomat Bisa Cegah Kanker Asal Cara Konsumsinya Benar, Ini Tipsnya

Buah Tomat Segar
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Betapa banyak manfaat tomat bagi kesehatan, hal itu tidak lagi diragukan. Sama seperti jenis sayur dan buah lain, banyak yang mengira mendapatkan manfaat sehat dari tomat cukup mengonsumsinya mentah.

Bisa Picu Kanker, Ini Biang Kerok Penyebab Tingginya Kadar Bromat dalam Air Minum Kemasan

Padahal, hal itu kurang tepat. Tomat merah memiliki senyawa likopen yang mampu mencegah kanker. Namun, likopen baru bisa didapatkan hanya jika tomat melalui proses pemanasan.

Spesialis Gizi Klinis, dr. Ida Gunawan, MS, SpGK(K) mengatakan, zat likopen pada tomat merah sangat tinggi. “Panaskan 5-10 menit. Bisa direbus, dioven, atau dikukus. Ketika dipanaskan likopennya akan keluar," ujarnya dalam program Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne, Kamis 11 Juli 2019. 

Meninggal Dunia, Hilbram Dunar Ternyata Berjuang Melawan Kanker Sejak Tahun Lalu

Lebih lanjut Ida menyebutkan bahwa nutrisi tomat akan berbeda jika dikonsumsi mentah. "Jika mentah senyawanya berbentuk isomer trans, tubuh akan sulit mencernanya. Sedangkan jika sudah dipanaskan, isomernya akan berubah menjadi Cis yang bersifat mudah diserap tubuh karena sudah menjadi senyawa likopen. Hasilnya 10 kali dari betakaroten."

Namun, Ida menegaskan bukan berarti konsumsi tomat segar tak ada manfaatnya. Ia menyebut bahwa tomat mentah memiliki vitamin dan serat yang cukup tinggi.

Bukan Cuma Mengatasi Jerawat, Ketahui Manfaat Buah Tomat pada Kesehatan Kulit dan Wajah

"Tergantung manfaat apa yang ingin diambil. Jika ingin diet dan mengambil manfaat serat, makanlah yang mentah. Namun, jika ingin manfaatnya untuk mencegah kanker, sebaiknya dipanaskan dulu," ujarnya.

Jika ingin mencegah kanker, Ida menganjurkan Anda mengonsumsi tomat yang dipanaskan. Konsumsi lah 3 tomat sehari tanpa biji dan kulitnya.(nda)

Ilustrasi kemasan makanan.

Review Negatif Makanan, Seorang Wanita Terancam Denda Puluhan Miliar!

Menggunakan sosial media memang harus sangat bijak, karena saat ini, jejak digital sangat mudah untuk ditemukan, salah satuya nasib sial wanita ini karena review makanan

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024