4 Cara Alami Redakan Kram Perut saat Mentruasi

Kram perut seringkali dialami wanita saat periode menstruasi.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA – Kram perut sudah menjadi keluhan yang cukup umum dirasakan oleh kaum hawa saat periode pra-menstruasi. Tak sedikit yang kesulitan saat harus menjalani aktivitasnya karena merasakan nyeri di bagian perut.

8 Makanan dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi saat Perut Kosong

Kondisi tersebut memang sulit untuk dicegah. Namun, bukan berarti hal tersebut tak dapat diminimalisir. Berikut cara meminimalisir nyeri akibat pra-mentruasi, dilansir dari laman Healthline, Kamis, 15 Agustus 2019.

1. Aplikasikan suhu panas

Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Banyak orangtua yang menyarankan pemakaian botol berisi air panas untuk digunakan di bagian perut saat menstruasi terjadi. Ternyata, itu sangat bisa dilakukan, lho. Suhu panas terbukti ampuh merelaksasi otot yang tegang di bagian perut saat PMS.

2. Pijat perut

Kiky Saputri Idap Kista Ovarium, Kenali Gejalanya!

Memijat menjadi salah satu cara membuat tubuh nyaman. Nah, pijat di area perut bisa membantu mengurangi kram. Ditambah dengan penggunaan minyak esensial yang terbukti ampuh meredakan nyeri seperti lavender dan kayu manis.

Cukup mengoleskannya sedikit lalu pijat perut secara lembut namun tegas, dengan pola pijat memutar sirkular selama 5 menit sehari sebelum dan saat menstruasi.

3. Hindari kafein dan garam

Kafein memicu rasa kembung. Sementara garam membuat cairan di tubuh tertahan terlalu lama. Keduanya berisiko membuat lambung semakin tidak nyaman sehingga sebaiknya dihindari saat sedang menstruasi. Disarankan banyak konsumsi sayur dan makanan rendah lemak saat sedang kram menstruasi.

4. Cukup minum

Pakar mengatakan bahwa kram perut lebih cenderung berpotensi timbul pada tubuh yang dehidrasi. Usahakan mengonsumsi delapan gelas air putih sehari agar tubuh tetap terhidrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya