Ruam Susu Pada Bayi, Bisakah Disembuhkan?

Ilustrasi wanita/ibu dan bayi.
Sumber :
  • Freepik/senivpetro

VIVA – Atopik atau yang dikenal masyarakat sebagai eksim susu, merupakan penyakit kulit yang paling sering terjadi pada bayi dan anak. Daerah yang terkena biasanya di kedua pipi, lekuk siku, dan lekuk lutut.

5 Penyakit Kulit yang Jarang Diketahui Masyarakat Awam dan Perlu DIwaspadai

Gejala yang timbul umumnya berupa radang kulit berulang yang disertai gatal pada bayi dan anak. Ruam susu tersebut juga menimbulkan bintik-bintik kemerahan, gatal, yang kemudian bila berlangsung lama (kronik), kulit menjadi kering, bersisik, luka-luka atau menebal dan menjadi kehitaman.

Sayangnya hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab atopik dermatitis. Biasanya terdapat faktor alergi turunan dalam keluarga atau pasien. Lantas bisakah dermatitis atopik atau ruam susu ini disembuhkan?

Hati-hati, Penyakit Dermatitis Atopik Kerap Menyerang Anak

"Ruam susu ini memang tidak bisa disembuhkan. Hal yang bisa dilakukan ialah merawat dan mengontrol kulit agar ruam susu tersebut tidak muncul," ungkap Spesialis Kulit Erha dr. Anna Juniawati SpKK. dalam media gathering 'Solusi Kulit Atopik pada Bayi: Skin Barrier Body Moisturizer' baru-baru ini. 

Untuk itu, Anna mengatakan bahwa perlu perawatan intensif, agar masalah ini bisa diatasi sehingga tidak membuatnya menjadi semakin parah.  Selain itu penting untuk mengidentifikasi kemudian menyingkirkan faktor yang memperberat dan memicu siklus gatal-garuk.

Waspada, Penyakit Dermatitis Atopik Serang Anak Sejak 2 Bulan

"Usahakan menjaga kebersihan kulit bayi dan anak, menghindari faktor penyebab kekambuhan dan menjaga kulit tetap lembab dengan mengoleskan pelembab segera setelah mandi," kata Anna. 

Untuk pelembab yang digunakan pun harus yang mengandung bahan yang mengidentik dengan lipid penyusun Skin Barrier, seperti ceramide, cholesterol, dan fatty acid. Kandungan yang dapat menyusun kembali struktur pelindung sementara pada kulit dan dapat merangsang tingkat produksi ceramide dengan sendirinya.  

Oleh karena itu, lanjut Anna, prinsip pengobatan dermatitis atopik adalah menghindari bahan iritan dan faktor. Dengan demikian munculnya ruam susu pada bayi bisa dihindari. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya