Sering Pipis saat Cuaca Dingin? Itu Bukan Penyakit

Ilustrasi ingin buang air kecil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cuaca dingin kerap menimbulkan sejumlah reaksi dalam tubuh. Mulai dari menggigil, hingga mesti bolak-balik buang air kecil. Tapi, tahukah kamu mengapa tubuh menciptkakan reaksi yang demikian?

Ini Dampak Buruk Menahan Buang Air Kecil, Bisa Sebabkan Batu Ginjal

Dilansir dari Metro.co.uk, dr Diana Gall dari layanan online Doctor 4 U mengatakan, hal itu dikenal dengan istilah cold diuresis. Yakni, bertambahnya kecepatan pembentukan urine atau peningkatan produksi urine dalam tubuh, yang diakibatkan oleh udara yang dingin.

Meski demikian, masih belum ada banyak penelitian tentang berapa suhu yang tepat, yang membuat seorang mengalami hal itu.

7 Insiden di 2024 Hanteo Music Awards, Penonton BAB hingga Berhubungan Seks

Gall menjelaskan, bahwa dalam kebanyakan keadaan, ini tidak berbahaya. Tetapi. hal tersebut dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh dalam hal garam, air serta mineral, dan menjadi mengkhawatirkan.

 “Ini dapat menyebabkan kondisi seperti hiponatremia ketika tidak ada cukup natrium dalam tubuh, atau' hiperkalemia, terlalu banyak kalium, dan hipokalemia, tidak cukup kalium,' kata Dr Gall.

Petugas TPS dan KPPS Harus Fit di Hari Pemilu, Begini Tips Jaga Kesehatan dari PB IDI

Cara utama untuk menghentikan diuresis saat musim dingin, adalah dengan berada tetap hangat dan mencoba untuk tidak berdiri di luar untuk jangka waktu yang lama. Ia juga mengatakan, pentingnya untuk tetap mendapatkan cairan yang cukup pada saat musim dingin.

"Jika kamu terlalu banyak buang air kecil, kamu perlu mengisi ulang cairan untuk menghindari dehidrasi," tuturnya.

Ilustrasi toilet.

Mudik Lebaran, Hati-hati Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita!

Hati-hati bagi Anda yang sering menahan buang air kecil atau malas minum air putih, penyakit infeksi saluran kemih bisa mengintai, terutama rentan menyerang wanita

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024