Tulari Manusia, Virus Pneumonia China Sudah Sampai Singapura

Ilustrasi/Virus.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Menyebarnya virus Wuhan yang pertama kali ditemukan di China belakangan ramai diberitakan. Bahkan satu orang dikabarkan meninggal dunia akibat penyakit ini. 

6 Kasus Mycoplasma Pneumoniae Terdeteksi di RI, Ternyata Sudah Ada Sejak Oktober 2023

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini memperingatkan bahwa virus Wuhan, atau sekarang diidentifikasi sebagai coronavirus, bisa menyebar di seluruh dunia. Virus ini telah ditemukan di sejumlah negara mulai dari China, Hongkong, Korea Selatan, Jepang, hingga Singapura. 

Lantas, mungkinkan pneumonia Wuhan ini bisa menular antar manusia?

Pneumonia Mycoplasma Terdeteksi di Jakarta, Dinkes Masih Kumpulkan Data

WHO sendiri menyebut bahwa penularan dari manusia ke manusia masih terbatas. Meski demikian WHO sedang mempersiapkan penanganan jika mungkin wabah menyebar lebih luas. 

Baca Juga: Muncul Virus Baru yang Misterius di China, Renggut 2 Korban Jiwa?

Pneumonia Akibat Mycoplasma Pneumoniae Meningkat, Waspadai pada Anak!

Terkait hal tersebut Perhimpunan Dokter Paru Indonesia mengelar diskusi khusus mengenai pneumonia Wuhan. Pernyataan serupa juga diungkapkan oleh spesialis paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI)  dr Erlina Burhan, Msc, SpP(K).  

"Karena masih baru, jadi kita belum pasti apakah ini akan terjadi penularan antar-manusia. karena belum ada kepastian itu, diisolasi dulu pasien yang suspect. khawatirnya kalau tidak diisolasi akan menular. 

Sehingga, lanjut Erlina, akan lebih baik jika dilakukan pencegahan meski penyakit tersebut belum ditemukan di Indonesia. Ia juga mengatakan bahwa beberapa waktu lalu Kementerian Kesehatan telah membuat surat edaran untuk melakukan skrining baik di bandara maupun di pelabuhan. 

"Biasanya sih screening demam. karena kalau batuk kan sering dianggap biasa. jadi kalau sudah demam, dilihat lagi gejala yang menyertai apa saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya