Pakar Jelaskan Cara Hidup Virus Corona COVID-19

Ilustrasi virus.
Sumber :
  • Freepik/kjpargeter

VIVA – Sejak ramainya pembahasan mengenai virus corona atau COVID-19, orang-orang mulai mempelajari apa sebenarnya virus tersebut. Keingintahuan semakin tinggi sejak dua orang warga negara Indonesia positif terjangkit virus tersebut dan tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Infeksi Saroso Sulianti, Jakarta Utara.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Pakar Virus Lembaga Eijkman, Prof. dr. Amin Soebandrio menjelaskan bagaimana cara hidup virus corona. Dia menguraikan juga bagaimana sifat virus tersebut.

"Virus corona ini pada umumnya memiliki sifat memang hidupnya di saluran pernapasan dan ada sebagian di saluran cerna. Menularnya dengan cara dilontarkan ke luar (droplet),” ujarnya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Ia menjelaskan, virus ini memang tidak bisa hidup sendiri. Untuk bereplikasi, dia butuh sel hidup. Dengan bakteri misalnya. Itu karena virus membutuhkan sel hidup," katanya saat live Indonesia Lawyer Club tvOne, Selasa malam, 3 Maret 2020.

Amin juga mengatakan bahwa virus tersebut bisa terlempar paling jauh sekitar 1,8 meter hingga dua meter.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Dari situ kita bisa mengetahui bahwa ketika dilemparkan ke luar dari mulut atau hidung seseorang, dia akan terlempar. Tapi tidak terbang jauh, karena selalu ada dalam partikel droplet itu. Paling jauh 2 meter atau 1,8 meter," lanjut dia.

Partikel droplet bisa saja jatuh dan menempel di benda kering yang mana tak bersifat bahan biologi. Tapi apakah virus tetap bisa hidup?

"Virus yang udah terlempar itu bisa langsung jatuh di muka orang yang ada di dekatnya, di depannya. Kalau yang tidak langsung, partikel droplet itu bisa jatuh di permukaan apa pun. Bisa di meja, kursi, pegangan pintu, tangga dan bisa menempel, bisa hidup,” jelasnya.

Ia menambahkan, selama ada bahan biologi yang menopang hidupnya, maka virus ini bisa bertahan lama.

Bahan biologi yang bisa menjadi "teman" virus corona, seperti air liur, cairan hidung dan sel-sel kulit mati yang dilepaskan dari saluran pernapasan.

"Itu bisa mendukung hidupnya virus di luar tubuh manusia. Kalau bendanya kering dan virusnya tidak ada pendukung, beberapa jam sebetulnya dia bisa mati. Jadi enggak sampai berhari-hari,” ujar Amin.

“Apalagi di permukaan meja selalu dibersihkan karena ada bahan kimia. Kena sabun saja bisa inactive, kena alkohol bisa inactive," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya