Cara Mengatasi 'Malas' Makan Saat Sakit

Ilustrasi vitamin/obat.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Konsumsi multivitamin menjadi salah satu cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin di dalam tubuh. Terutama, ketika sedang mengalami sakit.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Seringkali, saat sedang sakit seseorang akan merasa enggan makan. Akibatnya, asupan nutrisi pun menurun. Padahal, asupan nutrisi yang baik dari makanan sehat diperlukan untuk mempercepat kesembuhan.

Menurut dokter gizi, dr. Samuel Oetoro, SpGK, mengonsumsi multivitamin saat sakit sangat baik dilakukan.

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

"Terutama sakit yang mengganggu keinginan makan. Apalagi malas makan sayur dan buah. Perlu suplementasi, tambah multivitamin atau vitamin tertentu dengan dosis cukup tinggi," jelas Samuel dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Rabu, 10 Juni 2020.

Lantas, bagaimana memilah vitamin mana yang baik dikonsumsi saat sakit? Samuel mengatakan, ketahui dahulu sakit apa yang sedang diderita.

Cegah Pengapuran, 4 Makanan Ini Bisa Bikin Tulang Kuat dan Sehat

Jika sakit karena infeksi yang menyebabkan badan panas, maka sistem kekebalan tubuh atau imunitasnya yang harus ditingkatkan. Karenanya, vitamin yang diperlukan adalah yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti vitamin C, B, dan mineral contohnya zinc.

Selain itu, dalam kondisi sakit, di dalam tubuh terjadi pelepasan radikal bebas. Oleh karena itu, dibutuhkan pula asupan antioksidan seperti vitamin E dan selenium.

Meski demikian, pada orang-orang yang mengalami kondisi gangguan hati atau liver, Samuel menganjurkan agar tidak mengonsumi multivitamin.

"Karena semua proses pengolahan bahan makanan, vitamin, ada di hati. Kalau diberikan vitamin, dosisnya tinggi, akan membebani liver. Jangan sembarangan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya