COVID-19 Masih Tinggi, Tingkatkan Imunitas dengan Gowes

Bersepeda membuat kualitas udara lebih bersih
Sumber :
  • vstory

VIVA – Kasus COVID-19 di Indonesia telah melampaui angka di China yakni sebanyak 86.521 pasien. Untuk itu, imunitas perlu makin ditingkatkan agar mampu menekan kasus konfirmasi yang terus bertambah tiap harinya.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Olahraga menjadi salah satu pilihan dalam meningkatkan imunitas, termasuk bersepeda alias gowes yang sedang hits saat ini. Bersepeda adalah latihan aerobik rendah yang menawarkan banyak manfaat. Intensitasnya juga bervariasi, sehingga cocok untuk semua level. 

Anda dapat bersepeda sebagai moda transportasi, untuk aktivitas santai, atau sebagai upaya kompetitif yang intens. Gowes Ini dapat membantu membentuk gaya hidup sehat, baik secara fisik maupun mental. Lantas, apa saja manfaat gowes untuk imunitas tubuh melawan COVID-19?  Berikut rangkumannya dari laman Healthline.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Bentuk berat badan ideal

Bersepeda biasanya, terutama pada intensitas tinggi, membantu menurunkan kadar lemak tubuh, yang membantu manajemen berat badan yang sehat. Selain itu, tubuh akan meningkatkan metabolisme dan membentuk otot, yang memungkinkan Anda membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca juga: Hadi Mustofa Meninggal saat Bersepeda, Kenali Efek Samping saat Gowes

Meningkatkan kesehatan mental

Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi, atau kecemasan. Berfokus pada jalan saat Anda bersepeda membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran.

Jika Anda merasa lelah dan cemas, bersepedalah setidaknya selama 10 menit. Latihan ini melepaskan endorfin, yang pada saatnya akan membantu Anda merasa lebih baik sambil menurunkan tingkat stres.

Awal yang positif untuk jalani hari

Mulailah hari Anda dengan aktivitas yang sehat seperti bersepeda, yang membangunkan tubuh dengan meningkatkan sirkulasi di peredaran darah. Gowes di pagi hari dengan intensitas rendah dapat membakar lemak, meningkatkan kinerja daya tahan, dan meningkatkan energi dan tingkat metabolisme sepanjang hari.

Dengan ketiga manfaat itu, maka imunitas tubuh bisa dibentuk dan ditingkatkan secara perlahan. Meski begitu, pemakaian sepeda yang salah malah berisiko cedera dan bisa menurunkan imunitas.

Nah, agar terhindar dari cedera, usahakan patuhi selalu peraturan lalu lintas. Berhati-hati saat melewati persimpangan dan area ramai, bahkan jika terdapat jalur khusus sepeda. Selalu gunakan helm berkualitas dan perlengkapan pelindung lainnya yang Anda pasti perlukan.

Hindari pakaian panjang yang bisa memicu tersangkut dalam rantai sepeda Anda. Memiliki lampu sepeda serta perlengkapan reflektif untuk bersepeda malam hari. Jika bersepeda jauh dari tempat kerja, pertimbangkan membawa baju ganti untuk menyegarkan diri.

Untuk perjalanan siang hari yang panjang, gunakan tabir surya pada semua kulit yang terpapar. Terapkan kembali setiap 2 jam, terutama jika Anda berkeringat. Kenakan kacamata hitam dan topi pelindung UV.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya