Hadi Mustofa Meninggal saat Bersepeda, Kenali Efek Samping saat Gowes

Ilustrasi balap sepeda.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Mantan Staf Khusus Menteri ESDM Ignasius Jonan, Hadi Mustofa, meninggal saat bersepeda. Ia ditemukan tergeletak tidak sadarkan diri di Jalan Komjen M.Yasin, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Jumat, 17 Juli 2020.

May Day, Jokowi Gowes hingga Main Bola di Mataram NTB

Pria 55 tahun itu ditemukan terjatuh di depan rumah makan Golden Stik, sekitar pukul 11:00 WIB. Meski Almarhum meninggal karena serangan jantung, sebelum memutuskan untuk bersepeda, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini terlebih dahulu.

Meski bersepeda tergolong olahraga yang memiliki manfaat untuk kesehatan, aktivitas satu ini juga memiliki beberapa efek samping. Berikut beberapa efek samping jangka pendek bersepeda, seperti dilansir dari Yes Cycling.

Mengajak Masyarakat Berolahraga dan Adopsi Gaya Hidup Sehat di Gowes 90 Tahun 90 KM

Baca Juga: 4 Artis Ini Pernah Terlibat Kasus Narkoba Sama Seperti CW

Memar, luka atau goresan
Bahkan jika kamu termasuk pengendara semi - serius, cepat atau lambat, kamu akan merasakan ruam dalam beberapa bentuk, seperti memar, luka atau goresan. Walaupun hanya bersifat sementara, beberapa di antaranya mungkin memerlukan perawatan medis yang cepat, jahitan atau tindakan pembedahan.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Terbakar sinar matahari
Bersepeda akan membuat kamu terkena radiasi UV. Hal ini dapat diminimalkan dengan bersepeda di pagi hari atau mengenakan pakaian dengan UPF (Ultraviolet Protecting Factor) yang tinggi, seperti katun, lycra, warna yang lebih gelap, dan yang lebih lentur. Jangan lupa juga mengaplikasikan tabir surya 30 menit sebelum bersepeda.

Dehidrasi
Jangan anggap remeh berkeringat saat kamu bersepeda, karena ini bisa membuat kamu kekurangan cairan, setelah lama berpanas-panasan. Sebuah studi yang didukung oleh Universitas Athena di Yunani, turut memperingatkan. Intinya, dehidrasi ringan sekalipun dapat menurunkan energi kamu, yang dapat memperburuk ketegangan keseluruhan pada tubuh, otot dan jantung. Jangan lupa untuk sering-sering rehidrasi di jalan.

Gula darah rendah
Sebagian besar pesepeda biasanya merasakan beberapa gejala, seperti, pusing, lemah atau goyah tiba-tiba, yang menunjukkan gula darah turun sangat rendah. Jika memungkinkan, konsumsi camilan kaya karbohidrat sehat, seperti buah-buahan, sayuran, untuk mendukung kesehatan dan performamu saat bersepeda.

Sedangkan untuk efek jangka panjang, bersepeda dapat menyebabkan kecelakaan, faktur, cedera permanen, otot tubuh bagian atas melemah, sakit kronis, dan disfungsi seksual. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya